Kompas.com - 31/12/2020, 17:45 WIB
Plt. Kepala Pusdatin Kemendikbud, Hasan Chabibie menjadi pembicara dalam acara webinar dengan tema Refleksi Pendidikan 2020: Membangun Optimisme Pendidikan Indonesia. Webinar PRMN SuCIPlt. Kepala Pusdatin Kemendikbud, Hasan Chabibie menjadi pembicara dalam acara webinar dengan tema Refleksi Pendidikan 2020: Membangun Optimisme Pendidikan Indonesia.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku bantuan kuota gratis akan diteruskan di 2021. Setelah empat bulan belakangan ini, pemerintah lewat Kemendikbud memberikan kuota gratis kepada siswa, mahasiswa, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan lainnya.

Hal itu dikatakan oleh Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie dalam acara webinar secara online, seperti ditulis Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Meski Tak Sempurna di PJJ, Kemendikbud: Jangan Rendahkan Guru

"Ibu Menteri Keuangan (Menkeu) Seri Mulyani juga sudah mention, bahwa bantuan kuota ini akan diteruskan di 2021," ungkap Hasan.

Selain Menkeu, kata Hasan, Presiden Jokowi juga meminta kepada Kemendikbud, agar program bantuan kuota gratis ini dilanjutkan di 2021.

Meski begitu, bilang Hasan, terkait teknis kuota gratis di tahun depan masih akan dibahas bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, bersama semua kalangan lainnya.

"Ini kita meminta arahan, demi ikhtiar dan perbaikan yang sudah kita lakukan di September hingga Desember tahun ini," jelas dia.

Hasan mengucapkan terima kasih atas apresiasi, dukungan, kritikan, dan masukan yang ditujukan ke Kemendikbud.

Baca juga: Sebelum Program Kuota Gratis, Uang Habis untuk Beli Paket Internet

"Masukan yang diberikan masyarakat atau lainnya ke Kemendikbud, itu agar kami lebih baik lagi. Agar siswa kita terus mendapat pendidikan di bangku sekolah, dalam rangka menjemput bonus demografi Indonesia di 2045," ungkap Hasan.

Kuota gratis telah berjalan di 2020

Asal tahu saja, Kemendikbud menyalurkan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan lainnya di periode September sampai Desember 2020.

Bantuan kuota gratis ini terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X