Kompas.com - 05/01/2021, 14:21 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Dok. KemendikbudMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memaparkan sejumlah capaian Kemendikbud melalui Program Merdeka Belajar di tahun 2020.

Capaian tersebut dipaparkan Nadiem dalam taklimat media secara daring, Selasa (5/1/2020).

Nadiem mengatakan, ada satu prinsip dasar yang selalu dipegang Kemendikbud dalam menetapkan segala kebijakan maupun program, yaitu apa yang terbaik untuk para murid dan guru.

"Itu jadi prinsip dasar dari semua kebijakan kita dan prinsip dasar semua inisiatif Merdeka Belajar yang terjadi," jelas Nadiem.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Ada 3 Dosa di Sekolah yang Tidak Boleh Ditoleransi

Merdeka Belajar sendiri merupakan program yang dicanangkan Nadiem sebagai salah satu langkah transformasi pendidikan di Indonesia.

Menurut Nadiem kata "Merdeka Belajar" paling tepat digunakan sebagai filosofi perubahan dari metode pembelajaran yang terjadi selama ini.

Sebab, dalam "Merdeka Belajar" terdapat kemandirian dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan menentukan sendiri cara terbaik dalam proses pembelajaran.

“Kenapa kami memilih "Merdeka Belajar" dari awal? Jawabannya ada dua, pertama filsafat Ki Hadjar Dewantara menginspirasi saya dan tim saya mengenai dua konsep, satu adalah kemerdekaan, kedua adalah kemandirian,” kata Nadiem, Agustus 2020 lalu.

Baca juga: Calon Mahasiswa Dapat Ajukan KIP Kuliah di Seleksi Masuk PTN 2021

Capaian Merdeka Belajar 2020

Nadiem memaparkan sejumlah transformasi pendidikan di Indonesia melalui program Merdeka Belajar yang telah berjalan dari episode 1-6 tahun 2020.

1. Merdeka Belajar Episode 1

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X