Kompas.com - 11/12/2020, 16:18 WIB
Nadiem Makarim dan Iqbaal Ramadhan IG Live Dok. Instagram Iqbaal RamadhanNadiem Makarim dan Iqbaal Ramadhan IG Live

KOMPAS.com – Setelah berbincang soal pendidikan bersama Maudy Ayunda secara daring, hari ini, Jumat (11/12/2020), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali melakukan live Instagram bersama dengan Iqbaal Ramadhan terkait pendidikan.

Salah satu topik yang diangkat ialah ekstrakurikuler atau mata pelajaran yang nyatanya menjadi fundamental Nadiem dalam meniti karier.

Sama-sama pernah mengenyam pendidikan di United World Colleges (UWC), baik Nadiem maupun Iqbaal mengaku memilih seni teater sebagai salah satu subyek atau mata pelajaran yang dipilih.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terfavorit Incaran Pelajar SMA

Iqbaal mengatakan, subyek yang ia ambil selama dua tahun ialah Self-Taught Language Bahasa Indonesia, English B, Economic, Environmental Science, Math, dan Theatre. "Group six-nya tetap berusaha seni," papar Iqbaal.

Nyatanya, subyek teater juga menjadi pilihan Nadiem saat sekolah di UWC.

"Sama dong. Enggak gampang kan teater kan? Itu berat banget loh buat saya," balas Nadiem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nadiem menambahkan, jumlah portofolio dan pekerjaan selama menjalani pelajaran teater sangat berat. Bahkan, ia menyebut bahwa seni teater menjadi paling fundamental bagi kariernya.

"Buat saya, higher theater art itu adalah paling fundamental bagi karier saya sampai sekarang. Karena saya juga dulu anak teater yang selalu main menjadi peran utama di stage UWC. Kombinasi itu yang membangun rasa percaya diri saya untuk bisa mau di depan ratusan orang, berbicara, pentas, dan itu buat saya jauh lebih berani untuk tampil dan mengambil risiko di depan orang lain,” ucap Nadiem.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Tak hanya saat kuliah, Nadiem mengatakan, teater juga menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang paling intensif bagi dirinya saat sekolah SMA.

“Jadi saya tuh belajar kepemimpinan, kolaborasi, belajar trust dengan anggota tim dari teater,” ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X