Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus Terhijau di Indonesia Versi UI GreenMetric 2020

Kompas.com - 08/12/2020, 20:12 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - UI GreenMetric World University Rankings 2020 telah merilis daftar Kampus Berkelanjutan baik di peringkat dunia maupun Indonesia.

Pengumuman UI GreenMetric World University Rankings 2020 dilakukan secara virtual pada hari Senin (7/12/2020) di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen), Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), serta Pendidikan dan Riset (18 persen).

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara.

Pada tahun 2020, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Daftar kampus terhijau Indonesia

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, tahun ini kita mengalami disrupsi dalam kehidupan normal kita dengan adanya pandemi COVID-19.

Selama 10 bulan, lanjut dia, kita banyak belajar tentang pandemi ini dan betapa pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari.

"Di sisi lain, pandemi ini juga memberikan kita kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang cara kita mengelola perguruan tinggi serta dampak kegiatan kampus kita bagi lingkungan hidup, sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar kita, dan di Indonesia," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (12/8/2020).

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

UI GreenMetric World University Rankings Network juga menunjukkan bahwa kolaborasi, saling belajar, berbagi dan bekerja sama secara nasional maupun global mampu mewujudkan kampus yang lebih lestari dan keberlanjutan lingkungan.”

Berikut daftar kampus terhijau Indonesia versi UI GreenMetric 2020:

1. Universitas Indonesia.

2. Universitas Diponegoro.

3. Universitas Gadjah Mada.

4. IPB University.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com