Kompas.com - 08/12/2020, 19:49 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Sebuah riset dari The Ladders di tahun 2018 menemukan, hanya dibutuhkan sekitar 7,4 detik bagi perekrut untuk memilih kandidat yang akan diwawancara berdasarkan Curriculum Vitae (CV).

Sementara studi lainnya mengungkap, 5 sampai 15 menit pertama wawancara adalah waktu yang paling menentukan status penerimaan calon karyawan.

Itulah mengapa, persiapan matang dalam membuat CV hingga menghadapi wawancara kerja perlu dilakukan dengan matang, baik bagi para fresh graduate ataupun mereka yang telah memiliki pengalaman kerja.

Baca juga: Lowongan Kerja BCA Desember 2020 untuk Lulusan D3-S1

Terlebih di masa pandemi, di mana persaingan dalam mendapatkan pekerjaan kian ketat.

Laporan terbaru BPS di bulan Agustus 2020 menunjukkan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta orang diakibatkan situasi pandemi yang masih berlangsung hingga kini.

President of Sampoerna University Marshall Schott mengatakan, statistik menunjukkan generasi muda Indonesia menghadapi persaingan dunia kerja lebih ketat dengan berbagai tantangan yang dapat menghadang mereka meraih masa depan gemilang.

Ia mengatakan, alasan inilah yang menjadi latar belakang digelarnya “Bright Future Festival” dengan mengedepankan EPIC, yaitu Education, Preparation, Insight, dan Credential. Empat kunci penting untuk masa depan lebih cerah.

Baca juga: Lowongan Kerja Yamaha Motor Indonesia untuk Lulusan S1

Salah satu hal yang menarik di “Bright Future Festival” adalah sesi Career Clinic, di mana para peserta mendapatkan pelatihan intensif dan komprehensif berkaitan proses rekrutmen.

"Melihat situasi ini, Sampoerna University berkomitmen untuk terus menghadirkan kurikulum pendidikan berbasis internasional, membuka program Two Degree yang diakui secara global, serta tentunya membekali generasi muda dengan berbagai keahlian tambahan dan persiapan lebih matang," paparnya dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, (8/12/2020).

Namun, persiapan dan pelatihan matang belum cukup jika tidak dilengkapi wawasan atau insight luas.

Sehingga, “Bright Future Festival” juga menggelar sesi webinar, di mana para peserta akan diajak membahas tuntas hal-hal kekinian berkaitan dengan masa depan, karier, dan pekerjaan.

Baca juga: 9 Webinar Kemendikbud Gratis untuk Asah Keterampilan Guru dan Orangtua

“Bright Future Festival”. terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Untuk mendaftar dan mengetahui lebih lanjut dapat mengunjungi https://www.sampoernauniversity.ac.id/bright-future-festival/



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X