Kompas.com - 18/11/2020, 22:09 WIB
Menristek Bambang Brodjonegoro pada pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020. Tangkapan layar kanal Youtube KemenristekMenristek Bambang Brodjonegoro pada pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020.

KOMPAS.com - Menristek Bambang Brodjonegoro menyampaikan, sangat penting dosen menjalin kolaborasi dengan dunia industri. Maksud dari kolaborasi itu, agar inovasi dihasilkan dosen bisa terserap ilmunya oleh kalangan industri.

"Dosen harus lebih banyak bergaul dengan industri, mereka bisa dengarkan masukan yang didapar dari dunia industri," ucap Bambang saat di acara "Anugerah Hak Kekayaan Intelektual Produktif dan Berkualitas" secara daring, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Pentingnya Kolaborasi Pendidikan Tinggi dan Industri demi Pemulihan Ekonomi

Tapi, dia mengingatkan, inovasi yang dihasilkan dosen juga harus memiliki hak cipta. Pasalnya, inovasi itu merupakan salah satu kekayaan intelektual yang tidak mudah dibuat.

"Kolaborasi dosen bersama industri tak terlepas dari hilirisasi produk inovasi. Hingga akhirnya industri bisa memproduksi inovasi dosen yang bermanfaat bagi masyarakat banyak," kata dia.'

Memang, lanjut dia, kolaborasi yang dijalankan jangan selalu berpikir menguntungkan satu pihak. Tapi harus berpikir manfaat yang diperoleh dari kolaborasi tersebut.

"Jangan mengggap semua hanya maunya industri. Karena industri itu sudah membaca apa yang dibutuhkan masyarakat luas," tegas dia.

Maka dari itu, dia menyebutkan, perlu ada yang memfasilitasi bila peneliti (dosen) duduk bersama dengan industri. Apalagi bila industrinya yang ingin terus berinvestasi, pastinya mereka berupaya terus menerus menciptakan inovasi.

Baca juga: 233 Tim Ikut Lomba Konten Digital Kemenristek

"Ini akan menjadikan tolak ukur, bila inovasi merupakan arus utama untuk pembangunan negeri ini," tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.