5 Hal Penting Ketika Membuat CV bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 18/11/2020, 17:20 WIB
Ilustrasi CV SHUTTERSTOCKIlustrasi CV

KOMPAS.com - Curriculum Vitae (CV) ibarat kunci untuk membuka gerbang utama perusahaan yang ingin kamu lamar untuk magang atau bekerja. Melalui CV, pihak HRD akan melihat apakah kamu layak menjadi calon kandidat untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Meski begitu, tidak sedikit mahasiswa maupun " fresh graduate" yang masih bingung dalam menyusun CV, terutama bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja.

Melalui laman Instagram, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun CV.

Sebelum menyusun, Ditjen Dikti menyarankan kamu untuk melakukan riset sederhana terkait dengan tempat kerja yang ingin dilamar. Apakah bergerak di bidang industri kreatif, perusahaan strategis, agensi atau pemerintahan.

Baca juga: British Council Buka Pendaftaran Beasiswa S2 “Great Scholarship 2021”

"Karena hal ini akan memengaruhi bagaimana insan Dikti melampirkan foto, informasi pengalaman serta keterampilan. Misalnya saja, melamar pada instansi pemerintahan tentu menampilkan gaya foto yang terkesan lebih formal dibanding ketika mendaftar pada startup," saran Ditjen Dikti.

1. Tata letak informasi

Pastikan kamu meletakkan semua informasi penting yang ingin ditonjolkan pada sebelah kiri bagian atas agar pihak perekrut atau HRD akan lebih dahulu membaca informasi tersebut.

Bila menggunakan poin-poin, pastikan urutan teratas adalah pengalaman atau pendidikan terakhir yang kamu jalani.

2. Tampilan foto

Gunakan foto yang profesional dan menarik, sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar.

Baca juga: Beasiswa Belajar Data Science dari DQLab UMN, Terbuka untuk Umum

Meski begitu, sejumlah perusahaan bisa saja mencantumkan syarat dalam membuat pas foto, misalnya warna latar belakang foto atau warna jas. Pastikan kamu mengikuti syarat tersebut.

3. Detail informasi pendidikan dan pengalaman

Bila kamu telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sebaiknya lebih dahulu mencantumkan informasi prestasi yang mungkin pernah didapat, barulah menuliskan lingkup kerja yang dilakukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X