"Mas Menteri" Nadiem, Salah Satu Menteri Terbaik Versi Survei Indo Barometer

Kompas.com - 05/11/2020, 19:48 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim. Dok. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim.

KOMPAS.com - Hasil survei Indo Barometer menempatkan nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim sebagai salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Selain Nadiem, ada nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Resmi Luncurkan Merdeka Belajar Jilid 6

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, dari hasil survei, Menteri Nadiem memperoleh kinerja bagus dari penilaian 16,3 persen responden. Di peringkat pertama masuk nama Prabowo dengan penilaian kinerja terbaik dari 29,3 persen.

"Setelah Nadiem, ada Sri Mulyani Indrawati 15,2 persen, Erick Thohir 12,2 persen, dan Mahfud MD 8,8 persen," kata dia dalam siaran pers yang diterima, Kamis (5/11/2020).

Sebagai catatan, empat dari lima menteri terbaik versi Indo Barometer berasal dari kalangan profesional atau nonpolitik. Hanya Prabowo yang datang dari partai politik.

Dia menyebutkan, ada lima alasan masyarakat menilai seorang menteri memiliki kinerja yang baik, yakni cerdas, mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus, keputusannya tegas dan lugas, memiliki kerja yang nyata, dan memiliki banyak program terobosan atau visi misi yang jelas untuk masa depan.

Dari lima kriteria, Nadiem dinilai sebagai menteri yang cerdas dengan pencapaian suara hingga 34,3 persen, banyak program terobosan 15,6 persen, mampu mengerek pelayanan pendidikan 10,4 persen, anak muda yang berbakat dan energik 10,4 persen, serta cara kerjanya bagus 5,2 persen.

M Qodari menekankan, secara keseluruhan penilaian publik terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menyatakan puas sebesar 64,6 persen, 33,1 persen merasa tidak puas, dan 2,3 persen tidak menjawab.

Baca juga: Setahun Jokowi-Maruf, Mendikbud: SMK Lebih Bisa dan Hebat

" Survei ini mengukur satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Covid-19 di Indonesia. Survei ini dilakukan masyarakat usia minimal 17 tahum, dijalankan terhadap 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi, dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sampai 95 persen," pungkas dia.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X