171 Mahasiswa Polman Astra Lulus Sebagai Ahli Madya

Kompas.com - 23/10/2020, 18:53 WIB
Beasiswa Polma Astra DOK. BEASISWA POLMAN ASTRABeasiswa Polma Astra

KOMPAS.com - Sebanyak 171 mahasiswa angkatan 2017 dari Polman Astra lulus sebagai Ahli Madya. Mereka yang lulus banyak datang dari 19 Provinsi.

"Kami mendorong lulusan Polman Astra untuk berjuang dengan keras dan bekerja dengan cerdas agar tetap unggul untuk menghasilkan karya-karya inovasi terbaik saat di dunia kerja," ucap Ketua Umum Pengurus Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Hamdhani Dzulkarnaen Salim dalam siaran persnya, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Positif Covid–19, Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe Meninggal Dunia

Hamdani mengatakan, sekitar 77 persen dari 171 wisudawan merupakan penerima beasiswa dari berbagai instansi. Sejumlah 50 mahasiswa menerima beasiswa Astra dari YABI berupa pembebasan biaya kuliah dan pemberian uang saku.

Selain itu, kata dia, sebanyak enam mahasiswa Program Studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur menerima bantuan biaya pendidikan penuh dari PT Astra Agro Lestari Tbk, lima mahasiswa Program Studi Mesin Otomotif menerima bantuan biaya pendidikan penuh dari PT United Tractors Tbk, sembilan mahasiswa mendapatkan beasiswa peningkatan prestasi akademik melalui LLDIKTI III, dan lima mahasiswa peserta program Bidikmisi dari Kemdikbud.

"Sebanyak 24 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat lewat PT Dharma Polimetal dan PT ADARO Indonesia, 20 mahasiswa menerima beasiswa Yayasan Astra Honda Motor, 7 mahasiswa mendapatkan beasiswa Yayasan Amaliyah Astra dan 6 mahasiswa mendapatkan beasiswa Yayasan Toyota dan Astra," jelas dia.

Pemberian beasiswa dari berbagai lembaga, lanjut dia, menunjukkan dukungan berbagai pihak kepada pendidikan vokasi Polman Astra untuk membangun kompetensi anak bangsa. Pemberian beasiswa prestasi dari Astra konsisten dilakukan setiap tahun melalui YABI, sebagai bentuk komitmen Astra memajukan industri melalui pengembangan sumber daya manusia

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro menuturkan, fungsi strategis Polman Astra dalam menjalankan salah satu pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu pendidikan.

"Polman Astra menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang merupakan salah satu kunci sukses daya saing industri, Astra berkomitmen memberi dukungan terhadap pengembangan dan operasional Polman Astra melalui YABI," tegas Djony.

Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi mengajak para wisudawan untuk siap menghadapi dinamika industri yang semakin menantang terutama di tengah situasi pandemi.

"Milikilah mentalitas sang rajawali untuk mengatasi badai kesulitan yang ditimbulkan wabah COVID-19 ini, kembangkan sayap-sayap kemampuan, kompetensi dan karakter, serta manfaatkanlah keadaan ini sebagai peluang untuk terbang tinggi dan berjumpa dengan sesama rajawali di ketinggian sana," jelas Tony.

Sinergi Polman Astra dengan industri

Hamdani menambahkan, komitmen grup Astra dalam mewujudkan pendidikan tinggi vokasi berkualitas tinggi diwujudkan dalam implementasi kurikulum pembelajaran pendidikan tinggi vokasi salah satunya program lewat magang di Industri Astra.

Tahun ini, mahasiswa magang tersebar di 25 perusahaan Grup Astra, satu UKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra dan dua Yayasan milik Astra.

Baca juga: Fokus Perkeretapian, Politeknik Negeri Madiun Jalin Kerja Sama Banyak Industri

"Selama magang mahasiswa mengimplementasikan teknologi dan rekayasa teknik yang memberi manfaat bagi industri dan dihitung sebagai net quality income (NQI) dengan mendapatkan pengakuan dan persetujuan dari mentor industri. Pada tahun 2020 ini, NQI proyek mahasiswa lebih dari Rp74 miliar," tukas Hamdani.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X