Bersama LPDP, Kemenag Buka Beasiswa Dosen PTKI

Kompas.com - 23/10/2020, 15:19 WIB
Ilustrasi LPDP Dok. LPDPIlustrasi LPDP

KOMPAS.com - Kementerian Agama ( Kemenag) menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) Kemenkeu menyiapkan beasiswa bagi dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di tahun 2020.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, program ini bagian dari upaya Kemenag meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen PTKI.

Baca juga: Ini Syarat Umum dan Khusus Beasiswa LPDP 2020 bagi Pendidik

" Beasiswa bagi dosen ini pengembangan dari kerja sama dengan LPDP. Sebelumnya, kami sudah bekerjasama untuk beasiswa santri. Untuk beasiswa dosen, tahun ini kali pertama kali Kemenag dan LPDP bersinergi," ucap dia melansir laman Kemenag, Jumat (23/10/2020).

Dia optimis pada tahun 2021 dan seterusnya, beasiswa ini bisa direncanakan lebih matang dan dapat diakses seluas-luasnya oleh para dosen di PTKI.

22 perguruan tinggi tujuan bagi penerima beasiswa

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Suyitno menjelaskan, beasiswa di tahun ini hanya disediakan untuk dosen yang memiliki NIDN dan sedang menempuh studi pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 atau sedang kuliah di semester 1.

Selain itu, tahun ini juga hanya ada beasiswa untuk perguruan tinggi dalam negeri.

"Terdapat 22 perguruan tinggi tujuan dengan 239 program studi. Semuanya dalam negeri," jelas Suyitno.

Perguruan tinggi pilihan untuk beasiswa, seperti IPB, ITB, ITS, Unair, UGM, Univ Andalas, Univ Brawijaya, Undip, Univ Hasanuddin, UI, Univ Negeri Makassar, Univ Negeri Semarang, Univ Negeri Yogyakarta, Univ Sebelas Maret, Univ Udayana, serta Unpad dan UPI.

Selain itu, ada pilihan di UIN Alauddin Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Walisongo Semarang.

Buka akses beasiswa ke luar negeri

Untuk tahun 2021, Suyitno merencanakan untuk membuka akses beasiswa pada perguruan tinggi di luar negeri. Dia berharap para dosen PTKI mempersiapkan diri dalam menyambut peluang besar peningkatan kualifikasi dan kompetensi ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X