Kompas.com - 06/10/2020, 13:14 WIB
Ilustrasi LPDP 2020 DOK. LPDP KemenkeuIlustrasi LPDP 2020

KOMPAS.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah membuka pendaftaran dua jenis beasiswa LPDP 2020, yakni Beasiswa Pendidik dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) pada hari ini, Selasa (6/10/2020).

Bagi para peminat, setidaknya membutuhkan waktu 2 bulan untuk memperoleh hasil lolos atau tidaknya menerima beasiswa LPDP 2020.

Baca juga: Beasiswa PTUD LPDP 2020 Tawarkan 15 Universitas Luar Negeri

Melansir laman resmi lpdp.kemenkeu.go.id, peminat beasiswa LPDP 2020 akan melalui beberapa tahapan.

Pada tahap pertama, peminat bisa melakukan registrasi online atau pendaftaran mulai dari 6 Oktober 2020. Penutupan pendaftaran akan berlangsung pada 20 Oktober 2020.

Sedangkan proses seleksi administrasi akan berjalan pada 21 Oktober hingga 1 November 2020. Peminat beasiswa LPDP akan menerima hasil seleksi administrasi pada 2 November 2020.

Ketika lulus dari hasil seleksi administrasi, maka peminat beasiswa akan menjalankan seleksi substansi pada 4-20 November 2020. Bila dinyatakan lulus, maka pengumuman hasil seleksi substansi akan berlangsung pada 4 Desember 2020.

Beasiswa pendidik diperuntukkan bagi guru tetap pada sekolah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Kemudian, untuk dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbud dan Kementerian Agama (Kemenag) yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Beasiswa pendidik diberikan untuk menempuh gelar magister dan doktoral. Magister untuk guru tetap diberikan durasi paling lama 24 bulan, sedangkan doktoral untuk dosen dengan durasi paling lama 36 bulan, dan dapat diperpanjang selama dua semester berdasarkan evaluasi.

Bagi pendaftar beasiswa pendidik wajib memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan dalam daftar LPDP. Lalu, pendaftar beasiswa pendidik hanya dapat memilih satu perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan LoA Unconditional Perguruan Tinggi LPDP yang diunggah pada aplikasi pendaftaran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.