Beasiswa LPDP Segera Dibuka, Siapkan Beberapa Hal Ini

Kompas.com - 01/10/2020, 12:27 WIB
Ilustrasi pendaftaran beasiswa LPDP. DOK. KOMPAS.com/ELISABETH DIANDRA SANDIIlustrasi pendaftaran beasiswa LPDP.

KOMPAS.com – Setelah mengalami penundaan, akhirnya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk masyarakat Indonesia.

Pada Kamis (30/9/2020), LPDP menginformasikan bahwa pihaknya akan membuka registrasi online untuk pelamar beasiswa mulai 6 Oktober 2020.

“Penantian panjangmu akhirnya terbayarkan sebentar lagi. Persiapkan diri yang terbaik karena sebentar lagi pendaftaran beasiswa LPDP akan kembali dibuka,” tulis LPDP di akun Instagram-nya.

Baca juga: Semua Latar Belakang Mahasiswa Berhak Peroleh Beasiswa LPDP

Pasalnya, seleksi beasiswa LPDP seharusnya sudah dibuka sejak Maret 2020, tetapi mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19.

Dalam merencanakan ulang, LPDP pun menyesuaikan beberapa aspek dalam program beasiswanya.

Namun, mereka tetap menaruh perhatian pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul yang tidak boleh berhenti demi kemajuan bangsa.

Satuan kerja yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ini mengatakan bahwa mereka berupaya untuk membuka beasiswa, tetapi meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19.

“Maka, LPDP membuka dua jenis layanan beasiswa berikut, yaitu beasiswa pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia,” tulis LPDP.

Dua jenis beasiswa

Kedua beasiswa yang ditawarkan LPDP memiliki ketentuan yang berbeda. Berikut ini merupakan ketentuan dari penerima beasiswa pendidik.

  1. Untuk gelar magister (S2), pelamar merupakan guru tetap pada sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).
  2. Untuk gelar doktor (S3), pelamar merupakan dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud dan Kementerian Agama.

LPDP memberikan beasiswa pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru serta dosen sesuai dengan kebutuhan strategis Indonesia.

Sementara itu, berikut ini merupakan ketentuan untuk penerima beasiswa PT Utama Dunia untuk jenjang pendidikan S2 dan S3.

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Punya Letter of Admission Acceptance Unconditional dari perguruan tinggi peringkat utama dunia.

Persiapan pelamar

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X