Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Tunai Bumi Tawarkan Uang Saku untuk Mahasiswa S1, D3 dan D4

Kompas.com - 25/09/2020, 14:16 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beasiswa Unggulan Muda Indonesia (BUMI) lewat Beasiswa Tunai Bumi (BTP) 2020 menawarkan kesempatan bagi mahasiswa aktif pada jenjang S1/D3/D4 dan sederajat untuk mendapatkan uang saku setiap bulan selama 1 semester.

“Seluruh institusi perguruan tinggi di Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa mendaftar. Termasuk politeknik, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan lain-lain yang sederajat. Kesempatan terbuka luas untuk mahasiswa D3/D4/S1,” jelas BUMI Scholar lewat akun Instagram resminya.

BTB merupakan sebuah gerakan independen dalam bidang pendidikan dan pengembangan diri yang lahir pada 5 Mei 2020 dari inisiasi pemuda beragam kampus serta daerah.

Baca juga: Mahasiswa S1-S3, Ini Cara Daftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud

Tujuannya untuk menjawab persoalan mahasiswa dalam hal menyokong biaya pendidikan dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas diri.

Dengan mendaftarkan diri pada BTB, mahasiswa bisa mendapatkan uang bulanan, pembinaan, dan mentoring dari BUMI Scholar. BTB memberikan pembinaan dan mentoring karena ingin mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah.

“Karena Indonesia butuh generasi yang enggak hanya pintar, tapi juga mampu beradaptasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya,” tulis BUMI Scholar.

Kriteria pendaftar

Meskipun terbuka untuk semua institusi PTN serta PTS jenjang S1 / D3 / D4, tetapi hanya mahasiswa aktif di semester 3 dan 5 yang bisa mendaftar beasiswa ini.

Selain itu, mahasiswa harus memiliki minimal 3,25 pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Aktif dalam organisasi dan komunitas menjadi nilai tambah dalam pemberian BTB.

Cakupan beasiswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com