Semua Latar Belakang Mahasiswa Berhak Peroleh Beasiswa LPDP

Kompas.com - 01/10/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi LPDP Dok. LPDPIlustrasi LPDP

KOMPAS.com - Putra dan putri Indonesia banyak berburu beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) Kementerian Keuangan ( Kemenkeu). Mereka datang dari tanah Aceh hingga Papua.

Bukan hanya gratis, tapi beasiswa LPDP memiliki beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Apalagi bagi masyarakat yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan dunia pendidikan ke tingkat S2 maupun S3.

Baca juga: Fitur Lengkap, Aplikasi SiswaMedia Bisa Digunakan dari TK hingga SMA

Manfaat itu bisa dirasakan oleh ketiga putra dan putri Indonesia. Salah satunya adalah Rika Nuriana yang berkesempatan mengenyam pendidikan S2 di Monash University.

Pada awalnya, kata Rika, melanjutkan kuliah S2 hanya sebatas mimpi, tapi siapa sangka dirinya memperoleh beasiswa LPDP yang diberikan oleh negara.

Beasiswa yang didapatkan, bilangnya, karena hasil kerja keras yang ditekuni olehnya selama ini. Jadi, bukan tanpa faktor keberuntungan semata.

"Saat saya harus menahan keinginan untuk melanjutkan pendidikan karena ketiadaan biaya, lembaga LPDP yang memberikan. Lembaga ini tidak menetapkan kemampuan akademik semata sebagai kriteria seleksinya, terima kasih LPDP," ucap Rika melansir laman lpdp. kemenkeu.go.id, Kamis (1/10/2020).

LPDP perantara negara untuk pendidikan

Penerima beasiswa LPDP lainnya adalah Atem. Atem mengaku, LPDP telah menjadi perantara negara untuk merangkul dan memberikan kesempatan pendidikan yang sama terhadap anak daerah 3T, yakni daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia.

Berkat LPDP, Atem mampu mengenyam pendidikan ke jenjang Magister di salah satu universitas ternama di Indonesia.

"LPDP membuka gerbang mimpi yang bahkan sebelumnya tidak pernah saya pikirkan," jelas Atem.

Semua latar belakang berhak menerima beasiswa LPDP

Adi Sutakwa yang juga penerima beasiswa LPDP merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Pasalnya, LPDP memberikan harapan baru untuk seluruh putra dan putri di negeri ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X