Fitur Lengkap, Aplikasi "SiswaMedia" Bisa Digunakan dari TK hingga SMA

Kompas.com - 30/09/2020, 22:24 WIB
Aplikasi Siswa Media telah hadir di Google Playstore. Demi memudahkan proses belajar dan mengajar di masa pandemi Covid-19. DOK. Siswa MediaAplikasi Siswa Media telah hadir di Google Playstore. Demi memudahkan proses belajar dan mengajar di masa pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat siswa dan guru sangat sulit menjalankan belajar tatap muka. Namun, dengan hadirnya aplikasi " SiswaMedia" membuat siswa dan guru tetap bisa menjalankan proses pembelajaran dan pengajaran dari jarak jauh.

Direktur Nusatek.id sekaligus penggagas SiswaMedia, Yehezkiel Panji mengatakan, aplikasi yang dibuat SiswaMedia sangat lengkap bagi siswa dan guru di jenjang TK, SD, SMP, SMA maupun SMK yang sedang menjalakan proses belajar dan mengajar dari jarak jauh.

Baca juga: Dukung PJJ Selama Pandemi, Nusatek Buka Akses SiswaMedia Gratis

Karena, dalam aplikasi terdapat e-book, fitur seperti google meet dan google drive, materi buat siswa belajar dan guru mengajar, kuis untuk murid berlatih mengerjakan soal, monitoring rekap nilai tugas dan ujian, memantau aktifitas gadget siswa, forum diskusi siswa, guru dan orangtua siswa, dan ada materi umum untuk membangun Pancasila.

"Kita kumpulkan semua ke dalam aplikasi SiswaMedia, datanya ada dari Kemendikbud, google, maupun Youtube. Kita kumpulkan jadi satu, berdasarkan jenjang kelas dan mata pelajarannya. Demi memudahkan siswa dan guru di masa pandemi," ucap Yehezkiel kepada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Menurut dia,  tujuan awal aplikasi ini dibangun adalah demi menyokong program " Merdeka Belajar" yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Terlebih, banyak aplikasi yang fiturnya belum komplit dalam menyajikan proses belajar dan mengajar dari jarak jauh.

"Jadi bisa memudahkan proses belajar dan mengajar. Aplikasi ini juga sudah kita launching di tanggal 24 September 2020 yang lalu," ungkap dia.

Aplikasi SiswaMedia, bilang dia, bisa di download secara gratis di Google Playstore. Hingga kini, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 300 orang.

"Jadi sudah diunduh 312 dan kemudian sudah di install ke masing-masing perangkat. Untuk di iOS (iPhone) dan di website masih on progress, pertengahan bulan ini akan kita luncurkan," sebut dia.

Pada aplikasi itu, lanjut dia, terdapat juga protokol pendidikan di masing-masing daerah, seperti proses daring, luring, maupun yang sudah belajar secara tatap muka.

Baca juga: Peta Jalan Pembelajaran Jarak Jauh: Peluang di Tengah Keterbatasan

"Jadi ini kita sajikan dengan gratis, agar pendidikan terbantu di masa pandemi ini. Ini aplikasi untuk konten mendidik, pergunakan sebaik-baiknya untuk belajar dan mengajar," pungkas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X