Kompas.com - 28/09/2020, 11:18 WIB
Ilustrasi sepeda impor ShutterstockIlustrasi sepeda impor

KOMPAS.com - Politeknik Manufaktur Bangka Belitung (Polmanbabel) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkal Pinang dalam memproduksi sepeda lipat PGK yang akan menjadi branding Pangkal Pinang.

Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan, harga sepeda lipat yang diproduksi ini tidak terlalu mahal, agar bisa banyak dirasakan oleh masyarakat Pangkal Pinang.

Baca juga: 300 Mahasiswa Polije Bantu Dongkrak BUMDes Lumajang

"Kita yang murah meriah saja, tapi yang berkualitas, kata Maulan dalam keterangan resminya, melansir laman Polman-Babel, Minggu (27/9/2020).

Maulan mengatakan, Polmanbabel siap memproduksi sepeda lipat dengan proses manufaktur, sedangkan desainnya akan ditangani langsung oleh Pemkot Pangkal Pinang.

Siap diproduksi

Tim pengembang Polmanbabel Sugeng Ariyono, bersama anggota tim produksi Dedy Ramdhani Harahap, Husman, Rodika, dan Agus Wanto mendapat tantangan dalam memproduksi sepeda lipat tersebut dengan desain yang diberikan memiliki keunikan tersendiri untuk dijadikan sebagai ikon Pangkalpinang.

"Alhamdulillah, kami (Polmanbabel) telah dapat menyelesaikan 2 buah prototype sepeda lipat," ujar pria yang menjadi Direktur Polmanbabel periode 2016-2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sugeng menambahkan proses produksi sepeda lipat akan terus dilakukan oleh tim pengembang Polmanbabel jika ada permintaan untuk memproduksi frame sepeda tersebut atau desain frame sepeda lainnya. Salah satu yang akan disiapkan adalah mesin mold untuk membentuk frame, jig fixture, dan lini produksi di Bengkel Polmanbabel.

"Sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang berminat," jelas Sugeng.

Direktur Polmanbabel periode 2020-2024, I Made Andik Setiawan menyambut baik capaian yang telah dihasilkan oleh Polmanbabel dalam mengembangkan produk yang nantinya akan menjadi unggulan daerah.

"Suatu kebanggaan bagi Polmanbabel apabila bisa diberdayakan oleh pemerintah daerah dan stakeholder dalam memajukan daerah," tutur Made.

Sepeda lipat menambah kepercayaan ke Polmanbabel

Semoga dengan sepeda lipat ini, Made menegaskan, bisa menambah kepercayaan masyarakat untuk menitipkan anak-anak Bangka Belitung untuk menjadi mahasiswa di Polmanbabel. Alhasil, semakin banyak memunculkan bakat-bakat baru di Provinsi Bangka Belitung ini.

Terkait keinginan Walikota Pangkalpinang untuk memproduksi sepeda lipat PGK ini dalam jumlah banyak, sambung dia, Polmanbabel akan menggandeng pihak-pihak terkait lainnya seperti Babelcycle untuk menunjang kegiatan produksi yang nantinya akan dilaksanakan di Polmanbabel.

Baca juga: Peringkat Vokasi Politani Samarinda Naik ke 44

"Sinergitas yang dibangun dengan pemerintah daerah ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus berkarya ditengah pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia," pungkas dia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.