Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Prodi Polimedia Ditargetkan Naik D-IV di 2021

Kompas.com - 26/09/2020, 15:04 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demi meningkatkan kompetensi lulusan yang terampil dan kredibel di dunia industri, Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menargetkan akan meningkatkan sebanyak 8 Program Studi (Prodi) D-3 menjadi D-IV di tahun 2021.

Direktur Polimedia, Purnomo Ananto menyebutkan, Polimedia memiliki 14 prodi, enam diantaranya sudah di level D-4 dan sisanya masih di level D-3. Untuk peningkatan menuju D-4, Polimedia harus memenuhi syarat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni minimal prodi berakreditasi B dan sudah memiliki kerja sama industri.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Apresiasi Operator Seluler Beri Subsidi Kuota Gratis

Terkait semua persyaratan yang ada, Purnomo optimis bisa meningkatkan 8 prodi tersebut pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2021.

"Hampir semua prodi di Polimedia sudah melakukan kerja sama industri. Tahun ini kita usulkan menjadi D-4, sehingga tahun 2021 sudah running," kata Purnomo dalam keterangannya, melansir laman Polimedia, Sabtu (26/9/2020).

Purnomo mengatakan, target kenaikan ini merupakan arahan dari Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Tujuannya, agar Polimedia bisa menghasilkan lulsusan yang lebih bahagia, dengan tingkat grade yang naik di industri.

Lulusan orientasi wirausaha

Selain dalam rangka memenuhi kebutuhan industri, Polimedia juga turut menghasilkan lulusan yang berorientasi pada wirausaha. Purnomo menjelaskan, saat ini Polimedia sudah berbasis produksi dan wirausaha, sehingga lulusan Polimedia justru dapat membuka lapangan kerja.

"Polimedia saat ini berbasis produksi dan kewirausahaan, bahkan menjadi mata kuliah wajib di kampus ini. Saat ini sudah 10 persen lulusan menjalankan wirausaha, kita harapkan lulusan ke depan akan lebih meningkat, sehingga dapat menampung lapangan kerja," terang Purnomo.

Dia menerangkan, dukungan untuk wirausaha pun dilakukan, tidak hanya dalam materi perkuliahan saja, Polimedia turut menyediakan dana bergulir yang dapat digunakan sebagai modal usaha bagi mahasiswa dan lulusan yang akan melakukan kegiatan entrepreneur.

"Kita siapkan pembiayaan, seperti dana bergulir di Polimedia, bahkan di tingkat kementerian pun ada," sebut Purnomo.

Polimedia memiliki 14 program studi yang terbagi dalam empat jurusan, diantaranya: Jurusan Teknik Grafika, Jurusan Penerbitan, Jurusan Desain, dan Jurusan Pariwisata.

Selain itu Polimedia juga memiliki Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Medan dan Makassar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi di wilayah barat dan timur.

Baca juga: Politeknik Negara Ketapang Bangun Vokasi dari Desa

Pada tahun 2020, Polimedia menerima lebih dari 1.977 mahasiswa baru dari berbagai wilayah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com