Mendikbud Nadiem Apresiasi Operator Seluler Beri Subsidi Kuota Gratis

Kompas.com - 25/09/2020, 16:28 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat mendampingi Wapres Maruf Amin meninjau Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (08/07/2020). DOK. KEMENDIKBUDMendikbud Nadiem Makarim saat mendampingi Wapres Maruf Amin meninjau Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (08/07/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengapresiasi kepada operator seluler yang telah memberikan subsidi di program kuota gratis yang diberikan kepada peserta didik dan tenaga pendidik.

Sebagaimana diketahui ada beberapa operator seluler yang melakukan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memberikan kuota gratis, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren.

Baca juga: Program Kuota Internet, Nadiem: Kami Hadir dari Pagi hingga Malam

"Bukan hanya ke pemerintah, anggoyta DPR Komisi X, tapi saya spesial juga memberikan terima kasih kepada operator yang telah memberikan subsidi di kuota gratis ini," ucap Nadiem dalam acara "Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020", Jumat (25/9/2020).

Nadiem berharap kerjasama ini akan berjalan baik, hingga batas pemberian kuota gratis berakhir. Dengan begitu, manfaat kuota gratis bisa dirasakan dengan baik oleh tenaga pendidik dan peserta didik.

Persyaratan kuota gratis tidak sulit

Kuota gratis ini, kata Nadiem, juga mudah didapatkan oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Karena, persyaratan yang diberikan tidak sulit, cukup memberikan nomor smartphone (ponsel pintar) kepada kepala sekolah atau kepala satuan universitas.

"Setelah itu, kepala sekolah atau universitas yang mendaftarkannya di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PDDikti. Jika memang valid dan hasil verifikasi baik, maka akan dikirimkan kuota gratis itu," tegas Nadiem.

Lapor kepala sekolah dan universitas

Bila belum memperoleh kuota gratis, Nadiem meminta masyarakat jangan risau dan cemas. Sebab, masih ada pembagian tahap kedua untuk bulan September ini.

"Jadi kalau ada yang belum dapat, tolong lapor lagi nomor kalian ke kepala sekolah atau universitas, nomor yang aktif, jangan yang tak aktif, biar pemberian kuota tersalurkan dengan baik," ungkapnya.

Pembagian kuota internet gratis tahap I di bulan September, telah dimulai pada Selasa, 22 September 2020. Sedangkan tahap kedua pada 28-30 September 2020.

Bantuan kuota data internet untuk bulan Oktober, tahap pertama akan dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2020, sedangkan tahap kedua pada 28-30 Oktober 2020. Sementara bantuan kuota data internet untuk bulan November dan Desember akan dikirim bersamaan pada kedua tahap. Tahap pertama pada 22-24 November 2020, sedangkan tahap kedua pada 28-30 November 2020.

"Bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik dan guru, serta dosen," tutur Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im.

Menurut dia, penyaluran bantuan kuota internet telah disahkan dalam peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis (juknis) Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Nantinya juknis ini menjadi pedoman dalam penyaluran bantuan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik, sehingga dapat mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Kepada Orangtua, Nadiem: Sekolah Negeri dan Swasta Dapat Kuota Gratis

Dia mengatakan, petunjuk teknis tersebut berisi bahwa bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet, dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi dan kuota belajar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X