Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Vokasi dan Teknologi, Mahasiswa PENS Siap Terjun Dunia Kerja

Kompas.com - 23/09/2020, 10:51 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak menyatakan mahasiswa lulusan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) akan memiliki keahlian mumpuni yang siap digunakan di dunia kerja.

Hal ini dikarenakan PENS dipandang mempunyai program vokasi yang fokus pada keterampilan dan dukungan ilmu perkembangan teknologi.

"Era digital saat ini, khususnya masa pandemi Covid-19. Keahlian yang diajarkan PENS sudah relevan, karena menawarkan pendidikan vokasi dan ilmu teknologi. Jadi bisa diterapkan di dunia kerja," kata Emil dalam keterangannya melansir laman PENS, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Lulus Vokasi Siap Kerja, Ditjen Diksi Benahi SDM Pendidik

Dia mencontohkan, seorang insinyur tidak lagi harus menggambar blue print secara manual, tetapi bisa melakukannya melalui software Autocad. Kemudian pabrik-pabrik yang dulunya menggunakan proses manual, nantinya bisa dikerjakan secara otomatis.

Memang, kata Emil, proses dengan mesin akan mengurangi peran dari sumber daya manusia (SDM) dan bisa memungkinkan untuk kolaborasi lintas batas. Tapi, ini menjadi tantangan bagi semua pihak agar bisa mengandalkan keterampilan yang dimiliki dari bangku pendidikan.

"Maka dari itu kemampuan kognitif kita harus tetap memiliki kompetensi, bukannya kita tergantikan oleh mesin, tapi kita harus bersinergi dengan mesin," terangnya.

Emil juga meyinggung tentang Kampus Merdeka yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Kampus Merdeka mempunyai konsep yang didedikasikan di luar dari program studi utamanya, dengan harapan ada kekayaan khasanah, dan perspektif paradigma yang dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi.

"Sedangkan vokasi yang kata kuncinya selama ini fokus, detail, dan konsentrasi, tapi sekarang kata kunci tersebut menjadi bagaimana memiliki perspektif yang luas," jelas Emil.

Baca juga: Kemendikbud: Pendidikan Vokasi Percepat Lulusan SMK Peroleh Kerja

Untuk itu, dia berharap mahasiswa baru yang mau masuk ke dunia kampus, harus bisa mengenal skill yang lain. Lalu harus memaksimalkan pembelajaran ilmu yang bisa melengkapi saat dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com