RuangGuru: Masuk PTN Makin Sulit, Perlu Ketekunan dan Kerja Keras

Kompas.com - 26/09/2020, 09:50 WIB
Acara penutupan ILF Balangan diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh penerima beasiswa ILF Kabupaten Balangan, perwakilan PCI, Adaro Foundation, Ruangguru, serta Pemkab Balangan. Dok. RuangguruAcara penutupan ILF Balangan diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh penerima beasiswa ILF Kabupaten Balangan, perwakilan PCI, Adaro Foundation, Ruangguru, serta Pemkab Balangan.

KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari 80 persen siswa kelas 12 SMA bimbingan Persada Capital Investama (PCI), Adaro Foundation, dan Ruangguru berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri ( PTN) pilihan.

Hal itu setelah mendapatkan beasiswa dan pendampingan belajar dalam program Indonesia Learning Fellowship (ILF) dalam kurun waktu Oktober 2019 hingga September 2020.

Direktur Utama PCI, Arini Subianto menyatakan, prestasi ini tidak mungkin akan tercapai tanpa adanya semangat dan komitmen dari adik-adik selama satu tahun ini, apalagi mengingat kendala jaringan yang kita semua alami.

Tahun 2020 memang penuh tantangan bagi buat semua orang, khususnya bagi pelajar di seluruh dunia.

Baca juga: SDF Salurkan Dana Beasiswa bagi Penyandang Difabel Netra dan Autoimun.

"Namun saya berharap adik-adik dan kita semua dapat melihat pandemi ini bukan sebagai halangan, melainkan sebagai katalis untuk gagasan baru dan kreativitas dalam menuntut ilmu yang lebih tinggi," ucap Arini dalam siaran pers yang diterima media, Jumat (25/9/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, M Effendi menjelaskan, dirinya memberikan apresiasi dan menyambut gembira atas siswa tersebut yang masuk PTN pilihan.

Program ini sejalan dengan visi dan misi Pemprov Kalimantan Selatan yang sangat konsen dan peduli terhadap pendidikan.

Kegiatan ini, kata Effendi, terasa sangat sesuai dengan kondisi saat ini, di mana dihadapkan masa sulit karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu apa yang telah dilakukan oleh Ruangguru sangat kondusif sekali dalam mengembangkan sistem pembelajaran daring atau online.

Sejumlah 1.200 siswa penerima ILF tersebar di enam kabupaten/kota, yakni Banjarbaru, Balangan, Tabalong, Rejang Lebong, Kupang, dan Lombok Utara. Dari 1.200, sebanyak 721 siswa di antaranya mendaftar untuk masuk PTN, dan 577 siswa berhasil diterima.

Dengan demikian, tingkat penerimaan PTN siswa ILF mencapai lebih dari 80 persen, hampir 4 kali lebih tinggi dibanding tingkat penerimaan PTN siswa secara nasional (22,16 persen).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X