Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Vokasi Politani Samarinda Naik ke 44

Kompas.com - 26/09/2020, 16:03 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda atau Politani Samarinda, Hamka menyatakan, peringkat kampus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam kategori Perguruan Tinggi Vokasi, dari peringkat 156 di 2019 menjadi 44 di tahun 2020.

"Peringkat Politeknik Pertanian Negeri Samarinda naik tajam. Kenaikan ini suatu prestasi yang harus disyukuri," ungkap Hamka dalam keterangannya, melansir laman Politani Samarinda, Sabtu (26/9/2020).

Baca juga: Mendikbud Nadiem Apresiasi Operator Seluler Beri Subsidi Kuota Gratis

Hamka menyatakan, peningkatan ini merupakan bukti adanya perbaikan dibidang kemahasiswaan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Khususnya, dalam menorehkan berbagai prestasi dan kegiatan positif di tahun 2020.

"Semua komponen, khususnya mahasiswa dan pembina mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda secara bersama-sama menggali potensi dan kemampuan maksimalnya untuk berprestasi," terang dia.

Prestasi dan riset alami peningkatan

Dia mencatat, sejumlah prestasi diraih oleh mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda di tahun 2019, seperti juara Essay Writing di NPEO Bali Dilo Hackaton PT Telkom, Juara Hackaton 2.0 Diskominfo Samarinda, juara MAC ITK, Juara Piala Menpora U-21, Juara Liga Mahasiswa Futsal Regional Kalimantan, Juara Parade Cinta Tanah Air Tingkat Perguruan Tinggi.

Selain berbagai kejuaraan tersebut, bidang riset juga memperlihatkan adanya peningkatan. Terbukti sejumlah proposal penelitian mahasiswa dan pengabdian terhadap masyarakat diberikan penghargaan oleh Kementerian Riset dann Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

"Ada 4 proposal riset dan 1 proposal pengabdian masyarakat diberi reward oleh kementerian. Ini bukti bahwa riset mahasiswa Politani Samarinda sudah diperhatikan di tingkat nasional," tutur Hamka.

Atas peningkatan peringkat ini, Hamka mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan positif di lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, khususnya dalam pengembangan manajemen dan kepemimpinan.

"Sebab kegiatan seperti ini mendorong mahasiswa untuk mengembangkan softskill yang menjadi pelengkap bagi perkembangan mahasiswa dalam meraih sukses," jelas Hamka.

Wakil Direktur Politani Samarinda, Husmul Beze menambahkan, pemeringkatan kemahasiswaan yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini adalah ukuran perkembangan prestasi dan pembinaan kemahasiswaan di perguruan tinggi.

Pemeringkatan ini merupakan kluster yang dikeluarkan kementerian dalam mengkategorikan perguruan tinggi di bidang kemahasiswaan.

Baca juga: Nadiem: Kabar Gembira, Tidak Ada Sekolah Dana BOS-nya Turun Tahun 2021

"Bila melihat angka raihan, Politani Samarinda ada di kluster tengah dari ratusan perguruan tinggi vokasi yang ada di Indonesia," tutup Husmul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com