Menguatkan Peran Bimbingan Konseling Saat Belajar dari Rumah

Kompas.com - 21/09/2020, 20:33 WIB
Peran guru bimbingan konseling (BK) saat siswa belajar dari rumah perlu diperkuat. Banyak permasalahan siswa menuntut kehadiran guru BK, seperti membantu siswa agar tidak takut, cemas dan putus asa dalam menjalani PJJ selama pandemi covid-19 ini. DOK. TANOTO FOUNDATIONPeran guru bimbingan konseling (BK) saat siswa belajar dari rumah perlu diperkuat. Banyak permasalahan siswa menuntut kehadiran guru BK, seperti membantu siswa agar tidak takut, cemas dan putus asa dalam menjalani PJJ selama pandemi covid-19 ini.

Oleh: Vevi Suryani | Kepala SMPN 21 Dumai, Riau

KOMPAS.com - Selama diberlakukan belajar dari rumah (BDR), bimbingan konseling sering kurang diperhatikan. Mayoritas sekolah dan guru lebih fokus pada capaian kompetensi dasar.

Padahal dalam implementasinya, banyak sekali permasalahan siswa menuntut kehadiran guru bimbingan konseling ( BK). Guru BK perlu dilibatkan dalam proses BDR untuk alasan kuat. Sebagaimana kita pahami disiplin ilmu BK diperuntukkan bagi penyelesaian masalah siswa.

BDR yang diterapkan pada masa pendemi Covid-19 ini cenderung berpotensi memberikan masalah lebih banyak dari pada sebelumnya terutama bagi beberapa daerah yang belum melek IT dan ekonomi menengah ke bawah.

Dalam hal inilah dibutuhkan kepiawaian guru BK untuk membantu menemukan solusi dari masalah yang muncul.

Peran sentral

Upaya ini termasuk dengan melakukan proses konseling karena kesadaran penuh bahwa BDR atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak membuat masalah ikut jauh.

Baca juga: PSBB Jakarta, Ini Tugas Kepala Sekolah agar BDR Bermakna dan Menyenangkan

Persoalan lain muncul adalah penurunan nilai karakter tiap siswa. Hal ini jelas terlihat dari cara komunikasi ke gurunya dan kesediaan siswa menaati perintah saat diberikan materi ajar, tugas, dan laporan orang tua tentang sikap anak selama di rumah.

Peran guru BK tidak bisa serta merta digantikan oleh guru mata pelajaran. Selain persoalan disiplin ilmu yang dikuasai, guru mata pelajaran juga memiliki berbagai kesibukan yang tidak memungkinkan untuk fokus pada masalah siswa.

Guru BK sangat erat kaitannya dengan pendidikan karakter yang menjadi sebab langsung atau tidak langsung akan rendahnya capaian hasil belajar siswa.

Guru BK memberikan penguatan serta trik kepada siswa supaya siswa tidak takut, cemas dan putus asa dalam menjalani PJJ selama pandemi Covid-19 ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X