Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2020, 06:21 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) yang juga pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal terkonfirmasi mengidap virus Covid-19. Setidaknya sudah enam hari terakhir dirinya mengalami gangguan sistem pernapasan.

Dino Patti Djalal terpilih menjadi Ketua Umum ADI di akhir September 2017. Pemilihan dilakukan secara mufakat oleh seluruh pimpinan wilayah ADI yang hadir. Selama periode 2017-2022, Dino akan mengemban amanat sebagai Ketua Umum ADI.

Baca juga: UPDATE: Bertambah 3.963, Kasus Covid-19 di Indonesia Kini 228.993

"Kami dari keluarga besar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Asosiasi Dosen Indonesia menyampaikan kabar bahwa Chairman kami, Dr. Dino Patti Djalal, positif COVID-19. Di mana dalam enam hari terakhir beliau mengalami gangguan sistem pernapasan," kata keterangan tertulis Sekretariat FPCI yang diperoleh media, Rabu (16/9/2020).

Kondisi yang makin memburuk, menyebabkan Dino Patti Djalal dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada Selasa, 15 September 2020. Pada hari ini, Dino telah dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk mendapatkan perawatan khusus.

"Dino mengharapkan doa dari semua sahabat agar cobaan ini dapat segera dilampaui. Dino juga mengirim salam and all his love kepada semua sahabat," ujar Sekretariat FPCI.

Pemerintah menyatakan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia naik 10,4 persen dalam sepekan terakhir, dan penularan virus corona masih terjadi hingga saat ini.

Hal ini terlihat dari masih bertambahnya pasien baru yang menyebabkan jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat hingga hari ini, Rabu (16/9/2020).

Data pemerintah memperlihatkan bahwa ada 3.963 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan rekor penambahan tertinggi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Penambahan itu menyebabkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia hingga Rabu pukul 12.00 WIB ini mencapai 228.993 orang, terhitung sejak munculnya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Baca juga: Terinfeksi Covid-19, Sekda DKI Jakarta Saefullah Meninggal Dunia

Informasi ini diungkap pemerintah dalam data yang disampaikan melalui situs Kementerian Kesehatan pada Rabu sore. Data juga bisa diakses masyarakat melalui situs Covid19.go.id, dengan data yang diperbarui tiap sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com