Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepatuhan Rendah, Mahasiswa Rentan Terkena Covid-19

Kompas.com - 12/09/2020, 18:07 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi menyatakan, mereka yang cenderung paling banyak terkena Covid-19 adalah anak yang baru lulus SMA atau mahasiswa.

Hal itu dikarenakan tingkat kepatuhan mereka terhadap 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan sangat rendah.

Baca juga: Evaluasi 6 Bulan Pandemi Covid-19, Ini Hal yang Sudah Dilakukan Kemendikbud

"Usia 19 sampai 30 ini kan baru lulus SMA atau kuliah (mahasiswa), kita tahu sekolah dan kampus semua belajar online, tapi kenapa mereka kena paling banyak, ternyata karena mereka cenderung berkumpul dan mengabaikan menjaga jarak," ungkap Sonny dalam Bincang Sore Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tema "Edukasi Perubahan Perilaku pada Satuan Pendidikan", Jumat (11/9/2020).

Dia mengatakan, anak kuliahan banyak tak mematuhi aturan 3M, karena mereka berpikir memiliki fisik kuat. Padahal, mereka sudah menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) di tengah masyarakat.

"Dari 3M itu paling sulit yang mereka lakukan adalah menjaga jarak. Memang menjaga jarak, tapi ketemu teman langsung cipika-cipiki, mereka merasa temannya tidak mungkin membawa virus Covid-19," tegas dia.

Dengan banyaknya anak kuliah menjadi OTG, dia menegaskan, maka penularan semakin masif. Di mana tingkat penyebarannya terjadi dengan cepat di lokasi pemukiman.

"Akibat kumpul terus, bawa virus dan terjadi penyebaran virus di dalam rumah. Ini yang cukup mengkhawatirkan. Kita harus mengubah perilaku tersebut, khususnya pada kelompok yang memiliki risiko tinggi saat terkena virus (Covid-19)," jelas dia.

Orangtua patuh pada protokol kesehatan

Dia menambahkan, justru para masyarakat di usia 40 tahun (orangtua) tidak banyak terpapar Covid-19, karena mereka cenderung patuh dan menaati protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah.

Baca juga: Insan Pendidikan Diyakini Bisa Jadi Agen Perubahan Perangi Covid-19

"Jadi semakin tinggi usianya, justru mereka semakin patuh. Tapi yang muda usianya, justru mereka yang tidak patuh. Usia muda itu kan sekolah juga, makanya peran kita ke sektor pendidikan itu penting, agar kita terus memberikan informasi dan edukasi pentingnya 3M ini," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com