Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insan Pendidikan Diyakini Bisa Jadi Agen Perubahan Perangi Covid-19

Kompas.com - 11/09/2020, 18:45 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia pendidikan bisa menjadi agen perubahan dalam menangani Covid-19 asalkan semua insan pendidikan memahami 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Ketua Subbidang Edukasi Perubahan Perilaku, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Harris Iskandar mengatakan, ketika semua insan pendidikan memahami 3M dengan benar, maka satu per tiga masalah Covid-19 di negeri ini bisa terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Evaluasi 6 Bulan Pandemi Covid-19, Ini Hal yang Sudah Dilakukan Kemendikbud

"Kalau komunitas pendidikan ini beres, berarti satu per tiga masalah negeri ini bisa selesai," kata Harris dalam Bincang Sore Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tema "Edukasi Perubahan Perilaku pada Satuan Pendidikan", Jumat (11/9/2020).

Harris yang juga menjabat sebagai Widyapranada Ahli Utama Kemendikbud ini mengatakan, sangat penting bila insan pendidikan memahami konsep 3M.

Hal itu dikarenakan dampaknya sangat besar, bila melihat angka peserta didik dan guru mencapai 72 juta orang, itu belum ditambah dengan anggota keluarga yang diperkirakan mencapai 42 juta orang.

"Jadi insan pendidikan itu akan menjadi agen perubahan protokol kesehatan. Kalau ditotalkan insan pendidikan itu mencapai 115 juta orang," ungkap Harris.

Dengan jumlah insan pendidikan sebanyak itu, dia menekankan, maka bisa menang melawan virus ini yang telah melanda Indonesia selama 6 bulan lamanya. Untuk itu, pihaknya bersama satuan tugas lainnya akan terus berkomitmen dalam membentuk kesadaran 3M ke masyarakat.

"Melalui media, kampanye, webinar, lomba dan sayembara. Ini kegiatan sudah banyak on going. Dan saya lihat di Kemendikbud dan Kementerian Agama (Kemenag) sudah berjalan," terang dia.

Dia menambahkan, anak-anak dan remaja juga sudah banyak yang mulai berpikir untuk melakukan perubahan, agar bisa meredam angka Covid-19.

Baca juga: 5 Tips Jadi Guru Hebat di Masa Pandemi Covid-19

"Sampai mahasiswa juga sudha banyak yang mulai berpikir. Ini karena edukasi dan perubahan perilaku. di setiap kabupaten maupun kota," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com