Awicarita Festival Daring 2020, Pertama di Indonesia dan Ramah Teman Tuli

Kompas.com - 16/09/2020, 15:57 WIB
Anak dan orang tua saat menonton Awicarita Festival Daring 2020 melalui sebuah ponsel. DOK.Rumah Dongeng MentariAnak dan orang tua saat menonton Awicarita Festival Daring 2020 melalui sebuah ponsel.
|

KOMPAS.com - Hingga kini, jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran bagi masyarakat terutama para orang tua.

Bagaimana tidak, anak-anak harus belajar dari rumah menjadikan anak merasa bosan. Dampak lain ialah pelajaran daring tidak bisa diserap dengan optimal.

Karenanya, Rumah Dongeng Mentari hadir dengan Awicarita Festival Daring 2020 untuk menjadi hiburan edukatif bagi anak-anak, orang tua, dan berbagai kalangan.

Baca juga: Orangtua, Berikut 6 Manfaat Anak Dilibatkan Saat Memasak

Kuatkan karakter anak lewat dongeng

Awicarita Festival merupakan sebuah festival menghidupkan cerita untuk semua usia yang tujuannya menanamkan nilai-nilai yang baik dan menguatkan karakter anak-anak melalui dongeng.

Karena dalam masa pandemi, untuk pertama kalinya festival tahunan ini dihelat secara daring. Bahkan festival ini juga jadi yang pertama di Indonesia.

Adapun tema yang diangkat ialah "Jauh di Mata, Dekat di Cerita". Diharapkan meskipun pandemi dan orang tidak bisa saling bertemu, tapi cerita-cerita baik tetap bisa dekat dan didengarkan oleh banyak orang.

Menurut Putri Arumsari dari Rumah Dongeng Mentari, acara telah berlangsung pada 5-13 September 2020. Festival dibuka dengan tantangan bagi anak-anak untuk berbagi cerita ketika berada di rumah dalam bentuk video.

Kemudian dilanjutkan dengan "Kelas Interaktif Bercerita" yang ditujukan untuk remaja hingga dewasa. "Kelas ini berisi tentang teori mendongeng dan dilanjutkan dengan praktik mendongeng secara langsung," ujarnya.

Ada kelas khusus bagi bapak-bapak

Tak hanya menyasar pada anak dan remaja saja, tapi acara ini juga membuka kelas khusus bagi bapak-bapak dalam kegiatan "Tuan Bercerita".

Dijelaskan, kelas ini diselenggarakan untuk mengakomodasi keinginan bapak-bapak agar sesi bercerita untuk anaknya menjadi lebih interaktif.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X