Tetap Perkuat Inovasi, Robologee Gelar Graduasi Secara Virtual

Kompas.com - 28/08/2020, 21:38 WIB
Pengajar, siswa, dan orang tua siswa menghadiri acara Graduasi Virtual Robologee lewat aplikasi Zoom pada Minggu (16/8/2020). DOK. ROBOLOGEEPengajar, siswa, dan orang tua siswa menghadiri acara Graduasi Virtual Robologee lewat aplikasi Zoom pada Minggu (16/8/2020).

KOMPAS.com – Pandemi COVID-19 tidak menghalangi momentum Robologee mengadakan prosesi wisuda dan kenaikan kelas secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Minggu (16/8/2020).

“Besar harapan kami bahwa selama belajar di Robologee, Robokids mendapat hal-hal bermanfaat,” ujar Doni Abdilah Siregar dari Academic Section Robologee.

Doni pun berharap lulusannya bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, dan memiliki kreativitas serta berguna untuk masa depan.

Baca juga: Foto-foto Wisuda Online dan Pakai Robot di Jepang

Dalam acara virtual graduasi perdana ini, ada 5 siswa robotik dan 7 siswa coding yang lulus menjalani program. Sementara itu, 14 siswa lainnya naik level program.

“Robologee meyakini, anak adalah subyek dari membangun part robotik dan code block. Proses membangun tersebut memiliki manfaat, seperti menumbuhkan daya imajinasi dan mengasah kreativitas anak,” jelas salah satu perwakilan Academic Officer Robologee, Yulis.

Manfaat Belajar Robotik

Dalam era revolusi industri saat ini, mengkolaborasikan teknologi cyber dengan otomatisasi merupakan hal yang wajar. Sudah sepantasnya bila anak yang memiliki keinginan untuk berkembang di bidang teknologi untuk mulai belajar robotik.

Pasalnya dilansir dari The Tech Edvocate, anak dapat memperoleh beberapa manfaat belajar robotik seperti tiga hal di bawah ini.

1. Meningkatkan Kreativitas

Tidak banyak bidang yang dapat menggabungkan kreativitas dengan teknik dan teknologi, tetapi robotik berhasil menjadi wadahnya. Dengan memperlajari robotik, anak memperoleh kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang nyata dari imajinasinya.

Bila anak memiliki kesempatan untuk membuat sesuatu yang interaktif, tingkat keingintahuannya akan meningkat sehingga lebih sering terlibat dalam sesuatu.

Baca juga: Manfaat Belajar Seni Kriya bagi Anak, Berikut Contoh Kegiatannya 

2. Mengajarkan bagaimana mengubah masalah menjadi inovasi

Pada awalnya, mungkin anak akan merasa kesulitan dalam proses mempelajari cara membuat dan memprogram robot. Namun, robotik mengajarkan bagaimana mengubah masalah atau rasa frustasi menjadi inovasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X