Pantang Menyerah, Siswa Ini Berjuang demi Indonesia dari Ranjang Rumah Sakit

Kompas.com - 13/08/2020, 16:37 WIB
Empat siswa mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade biologi internasional IBO Challenge 2020 yang berlangsung secara daring 7-13 Agustus 2020. DOK. PUSPRESNASEmpat siswa mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade biologi internasional IBO Challenge 2020 yang berlangsung secara daring 7-13 Agustus 2020.

KOMPAS.com - Di tengah pandemi global Covid-19, semangat siswa Indonesia untuk meraih prestasi hingga ke tingkat dunia tidak pernah surut. Praktik baik semangat pantang menyerah kali ini datang dari Nathanael Tjandra, salah satu wakil Indonesia di ajang olimpiade biologi internasional.

Merebaknya pandemi Covid-19, membuat panitia olimpiade biologi internasional (IBO) membatalkan pelaksanaan IBO ke-31 di Nagasaki, Jepang yang rencananya berlangsung 2-11 Juli 2020.

Sebagai alternatif, Panitia Penyelenggara IBO2020 memperkenalkan kompetisi yang dilakukan secara jarak jauh, namun tetap dapat memberikan peluang pada siswa terpilih untuk menunjukkan kemampuan di bidang biologi.

Format pengganti ini dinamakan "IBO Challenge 2020” yang akan diselenggarakan secara daring tanggal 7-13 Agustus 2020.

Baca juga: Prestasi di Tengah Pandemi, Siswa Indonesia Raih 4 Medali Olimpiade Kimia

Empat wakil Indonesia

Empat siswa mewakili Indonesia dalam ajang "IBO Challenge 2020" terdiri atas;

  • Ahmad Rizky dari SMAN 3 Malang Provinsi Jawa Timur,
  • Farrel Alfaza Marsetyo dari MAN Insan Cendekia Serpon Provinsi Banten,
  • Nathanael Tjandra dari SMAK Calvin DKI Jakarta, dan
  • Joan Nadia dari SMAK I Tomang, DKI Jakarta.

Mereka adalah siswa yang lulus hasil seleksi berjenjang diselenggarakan Kemendikbud dan Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI) mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional pada tahun 2019 di Manado. 

Pelaksanaan kompetisi akan dibagi menjadi dua bagian yaitu praktikum pada tanggal 11 Agustus 2020 meliputi praktikum Fisiologi Hewan dan praktikum Bioinformatik.

Pada hari kedua, 12 Agustus 2020 para peserta akan mengikuti tes teori yang terdiri dari 2 tahap. Waktu pelaksanaan tes diserahkan pada juri masing-masing negara peserta.

Empat siswa melakukan prosesi sumpah atau janji untuk menjunjung kejujuran yang harus diucapkan sebelum Olimpiade dimulai. Kegiatan prosesi sumpah/janji didampingi tim dari Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud diselenggarakan secara virtual pada 12 Agustus 2020.

Semangat pantang menyerah

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X