3 Kesalahan yang Membuat Calon Mahasiswa Berpotensi Salah Jurusan

Kompas.com - 13/08/2020, 14:46 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah sejatinya tak sekadar mempertimbangkan jurusan yang paling populer saat ini. Apalagi sekadar ikut-ikutan teman.

Sejumlah survei menyebut, lebih dari 50 persen mahasiswa merasa salah pilih jurusan. Perasaan itu, tentu bukan tanpa alasan.

Salah memilih jurusan berisiko membuat kamu kehilangan minat dalam belajar, berkeinginan pindah jurusan di tengah jalan, hingga bingung menentukan arah karier setelah kelulusan.

Baca juga: 10 Pilihan Jurusan di Bidang Kesehatan dan Prospek Kerjanya

Merangkum Rencanamu.id, ada tiga penyebab utama yang membuat para calon mahasiswa sering salah pilih jurusan.

1. Karena gengsi

Tak sedikit calon mahasiswa yang memilih jurusan karena gengsi. Gengsi memilih jurusan X karena banyak peminat, gengsi ingin mendapatkan gelar dari jurusan Y, atau gengsi bila tak berprofesi seperti para lulusan dari jurusan Z.

Apapun jurusannya, kamu bisa menjadi lulusan yang gemilang bila semasa kuliah kamu senang belajar, memiliki banyak teman dan memiliki semangat untuk mengembangkan diri.

Sayangnya, salah pilih jurusan bisa membuat kamu kehilangan semangat untuk melakukan itu semua.

Baca juga: 7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Jadi, pilihlah jurusan bukan karena gengsi semata. Namun, pilihlah jurusan yang juga sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

2. Tidak kenal minat dan bakat

Di era sekarang, mencari tahu minat dan bakat saat akan menentukan jurusan sudah menjadi salah satu kebutuhan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi atau situs pencari minta bakat gratis, atau menggunakan lembaga profesional yang benar-benar dapat membantu kamu dalam memilih jurusan tepat sesuai minat bakat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X