Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Si Kumbi Anak Jujur, Episode: Piknik di Kumbinesia”, Belajar dari TVRI 25 Mei 2020

Kompas.com - 25/05/2020, 22:28 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Serial Cerita Anak, SI KUMBI ANAK JUJUR dengan Episode: “Piknik di Kumbinesia” yang tayang pada pukul 08.30 - 09.00 WIB untuk SD Kelas 1 – 3 pada 25 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Si Kumbi Anak jujur, Episode: Permen Adik”, Belajar dari TVRI 22 Mei 2020

Si Kumbi Anak Jujur menyuguhkan beragam pembelajaran mengajak penonton untuk selalu jadi orang berani, jujur dan hebat yang di sajikan tokoh utama bernama Kumbi, Tupi, Bimo, Osyi dan Aye.

Berikut rangkuman ceritanya Si Kumbi Anak jujur dengan Episode: “Piknik di Kumbinesia”

Kumbi dan teman-teman akan pergi dan membawa makanan bersama karena mereka akan piknik. Tupi mengajak teman-teman membuat piknik jadi seru sambil bermain petak umpet setelah selesai diadakan tukar menukar makanan dan makan bersama.

Bimo mengatakan dia jago sembunyi jika main bersama adiknya dia susah di temukan. Bimo berbicara sambil bersin-bersin, kumbi mengatakan Bimo mau flu tapi Bimo mengatakan tidak apa-apa. "Banyak minum air putih juga sembuh sendiri," ujarnya.

Aye tidak ikut main petak umpet karena ia memilih piknik sambil membaca buku misteri yang baru diberi pamannya. Aye masih ingin melanjutkan membaca. Tupi menyampaikan tidak apa-apa, Aye bisa membaca sambil menjaga makanan.

Bermain petak umpet

Karena Osyi kalah gambreng, Osyi bertugas menjadi "kucing" dan mencari teman-temannya. Osyi pun menghitung dan teman-temannya bersembunyi.

Karena sedang bersin suara Bimo terdengar. Kemudian Osyi menebak apakah itu Bimo, dan Bimo menjawab kalau itu bukan dirinya. Namun Osyi menyadari itu suara Bimo tetapi Bimo lanjut bersembunyi di tempat lain.

Osyi kemudian berbuat curang dengan mengatakan kalau dia capek dan menyerah sehingga membuat Bimo keluar. Bimo kena oleh Osyi, namun Bimo tidak terima karena Osyi berbohong.

Karena bertengkar Kumbi keluar karena tidak ada yang mau mengalah. Kumbi mengusulkan untuk permainan diulang saja dan dia yang menjadi kucingnya.

Mendengar Kumbi berkata seperti itu akhirnya Osyi dan Bimo saling minta maaf dan berjanji tidak curang lagi. Karena Bimo masih bersin-bersin, teman-teman mengajak beristirahat dan kembali ketempat piknik.

Sampai di sana Aye tidak ada, makanan dan minuman tersisa hanya ada sedikit. Makanan di toples Kumbi tinggal, kue Osyi juga sebagaian hilang. Air minum botol Bimo juga habis padahal baru diminum sedikit.

Osyi mengira Aye diculik. Bimo menyesal harusnya tidak meninggalkan Aye. Namun Tupi melihat jejak kaki besar. Kumbi mengajak teman-temannya mengikuti jejak kaki besar itu.

Setelah berjalan mengikuti jejak kaki itu tiba-tiba muncul Aye mengagetkan. Ternyata mereka dikerjai oleh Aye yang merancang kejadian seperti buku yang dibacanya.

Tupi marah dan mengatakan tindakan Aye tidak lucu karena semua khawatir. Osyi juga mengatakan acara tukar-menukar makanan gagal karena makanan sudah berkurang.

Aye minta maaf karena merusak suasana piknik. Kumbi berpesan agar lain kali Aye harus jujur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com