Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2020, 19:38 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Serial Cerita Anak, SI KUMBI ANAK JUJUR dengan Episode: “Tamu Masa Depan” yang tayang pada pukul 08.30 - 09.00 WIB untuk SD Kelas 1 – 3 pada 19 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Si Kumbi Anak Jujur: Keranjang Untuk Osyi”, Belajar dari TVRI 18 Mei 2020

Carita dalam tayangan kali ini adalah Kumbi dan teman-temannya mengajak penonton selalu jadi orang berani, jujur dan hebat. Berikut rangkuman ceritanya:

Kumbi pergi ke rumah Bimo Beruang yang suka main air. Ia sedang di kebun menyiram tanaman. Namun kebun menjadi banjir karena ia ingin membuat sungai kecil untuk perahunya.

Mamanya mengatakan jangan buang buang air. "Kalau mau main perahu bisa di ember atau di bak mandi," ujar Mama Bimo.

Mama Bimo mengatakan jangan berpesan untuk tidak lupa mematikan keran air kamar mandi dan keran kebun. Saat Mama akan ke pasar, Bimo diminta menjaga rumah baik-baik.

Kumbi pun datang dan Bimo pun menceritakan kepada Kumbi kalau dirinya baru saja dimarahi Mama karena main air dan lupa matikan keran. Bimo berkeluh, "air kan melimpah ada sumur, sungai, danau."

Kemudian Kumbi mengatakan betul kata Mama Bimo bahwa sumber air bermanfaat bagi kita, harus kita kelola dengan baik, dipergunakan secukupnya. "Jangan digunakan untuk hal hal yang tidak berguna dan jangan sampai sumber alam kita terbuang sia-sia," kata Kumbi.

Kumbi kemudian minta air ke Bimo karena dirinya haus. Bimo mengambilkan air untuk Kumbi. Namun sampai di dalam, Bimo melihat cahaya yang berubah menjadi seekor beruang dari luar angkasa.

Beruang itu kemudian mengatakan ia meminta air untuk diminum, dan selesai minum ia mengatakan bahwa dirinya adalah geometri dari tahun 2150 dari masa depan dan sampai di sini melalui mesin waktu karena ingin minum air.

Beruang itu mengatakan di masa depan sulit air dia belum pernah minum air seperti ini. Di masa depan setiap orang hanya berhak mendapatkan 3 kapsul air setiap hari.

Beruang dari masa depan itu juga mengatakan penduduk di zaman Bimo beruntung bisa mendapatkan air sangat melimpah.

Kedatangan cahaya Beruang dari luar angkasa membuat Bimo sadar bahwa tidak boleh membuang-buang air untuk keperluan tidak penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com