Guru Besar FK-Unair: Imun Tubuh Bisa Dibangun dengan Probiotik

Kompas.com - 16/05/2020, 16:39 WIB
Ilustrasi pasien virus corona KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi pasien virus corona

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan dan kesehatan adalah upaya pencegahan atau preventif yang dapat dilakukan guna mencegah penularan virus Covid-19 di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Dilansir dari artikel Kompas.com sebelumnya, Direktur kedaruratan WHO, dr Mike Ryan, memperingatkan virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 mungkin tak akan pernah hilang meski nanti ada vaksin.

Kalau pun nanti sudah ada vaksin untuk melawan Covid-19, itu berfungsi untuk mengendalikan virus. Bukan untuk menghilangkan virus dari muka Bumi.

"Penting diketahui, virus (corona baru) ini bisa menjadi virus endemik yang ada di masyarakat, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang," ungkap Ryan dalam konferensi pers virtual dari Jenewa, Rabu (13/5/2020).

Oleh karena itu pola hidup sehat perlu didorong melalui berolahraga, istirahat cukup dan memenuhi asupan pangan yang cukup serta seimbang. Ketiga hal tersebut belum memadai, jika daya tahan tubuh (imunitas) melemah.

Baca juga: Guru Besar IPB: Ini 7 Tips Keluarga Harmonis di Tengah Pandemi

Sistem imun dengan probiotik

Terkait hal itu,  Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK- Unair) Prof. dr. Subijanto Marto Sudarmo menyampaikan, "Jika kita bisa mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus kita dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka kita akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit."

Jadi sangat penting kita makan makanan berfermentasi agar asupan prebiotik kita tetap terjaga," tambah Prof. Subijanto dalam konferensi pers daring “Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Melawan Virus dan Patogen lain” (15/5/2020).

Hal senada disampaikan Presdir PT Agro Mitra Alimentare (AMA), Ge Recta Geson yang mengatakan salah satu cara untuk hidup berdamai dengan virus termasuk Covid-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun.

“Mikrobiota yang ada dalam saluran cerna akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80 persen imun yang beredar dalam tubuh," ujar Recta.

Recta menjelaskan mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam gut. Pada gilirannya imun optimal ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ sehingga bisa terhindar dari segala macam penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X