“Zenius untuk Guru” Hadir Membantu Guru Hadapi Tantangan Belajar dari Rumah

Kompas.com - 10/05/2020, 07:00 WIB
Proses belajar dari rumah yang dilakukan oleh siswa SMP N 1 Krueng Sabee, Aceh Jaya Dok. Viza SuhannaProses belajar dari rumah yang dilakukan oleh siswa SMP N 1 Krueng Sabee, Aceh Jaya

KOMPAS.com - Pendidikan sebagai salah satu sektor yang paling terpengaruh oleh pandemi Covid-19, kini mengalami perubahan yang signifikan terutama dalam adopsi pendidikan digital yang seyogyanya bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Data dari Kemendikbud mencatat sebanyak 97,6 persen sekolah sudah melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan 46 persennya masih mengharuskan guru memberikan pengajaran dari sekolah dengan siswa berada di rumah.

Keterbatasan akses masih menjadi kendala utama, terutama mendapati kondisi di lapangan, tidak semua siswa memiliki fasilitas memadai di rumah.

Guru dan sekolah dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai tantangan agar dapat memastikan pembelajaran tetap berlanjut untuk 43,5 juta pelajar Indonesia.

Untuk itulah, bertepatan di Hari Pendidikan, Zenius sebagai pelopor layanan belajar daring di Indonesia, kembali menunjukkan komitmen kuatnya dalam upaya pemberdayaan guru-guru di Indonesia melalui program ‘Zenius untuk Guru’.

Sebuah program yang didedikasikan membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di masa-masa sulit ini.

Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education mengatakan, “Kami mencoba memfasilitasi rekan-rekan guru terutama yang berada di daerah untuk dapat lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses.

Beberapa inisiatif telah kami lakukan dan kedepannya akan terus kami tingkatkan demi mewujudkan Indonesia Tetap Belajar.”

Saat kebijakan pembelajaran jarak jauh dicanangkan pemerintah, Zenius dengan sigap membentuk forum komunitas guru, dalam Grup Facebook dan Telegram yang kini memiliki 390 orang anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, meliputi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara, dan diharapkan terus bertambah.

Para guru dibebaskan bertanya, berbagi mengenai kesulitan yang mereka dapati, dan berdiskusi dengan tim Zenius.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X