Ini Saran Akademisi Unhas Terkait Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan

Kompas.com - 29/03/2020, 19:27 WIB
ilustrasi cuci tangan dengan hand sanitizer SHUTTERSTOCKilustrasi cuci tangan dengan hand sanitizer
|

KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang agar terhindar dari virus corona. Salah satunya ialah memakai cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Tetapi, pakai hand sanitizer bukan berarti kita akan terhindar dari virus. Cara yang paling mudah dan aman dan dianjurkan pemerintah ialah mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Hanya saja, seseorang tetap membutuhkan hand sanitizer karena mudah dibawa kemana-mana. Cairan ini juga penting saat seseorang tidak menemui air dan sabun ketika berada di luar ruangan.

Atau ketika seseorang memegang gagang pintu atau bersalaman dengan orang tak dikenal maka harus butuh hand sanitizer.

Baca juga: 18 Herbal Pendongkrak Imun Tubuh dari Akademisi UGM

Tak boleh asal-asalan

Maka, kebutuhan akan hand sanitizer jadi sangat perlu ditengah situasi wabah virus corona atau Covid-19. Dampaknya, hand sanitizer jadi langka.

Karena itu, muncul inisiatif membuat sendiri hand sanitizer. Caranya bisa melalui internet. Tetapi, membuat hand sanitizer itu tidak bisa asal-asalan, semua harus sesuai protokol dari Kementerian Kesehatan RI.

Terkait hal itu, Akademisi Universitas Hasanuddin ( Unhas) yang juga Tim Satgas Covid-19 Unhas, Dr. Yusnita Rifai, M.Pharm., Apt., menjelaskan seluk beluk penggunaan hand sanitizer.

Sebenarnya, hand sanitizer digunakan dalam keadaan tidak tersedia air mengalir dan sabun. Maka barulah seseorang boleh pakai hand sanitizer.

" Hand sanitizer sifatnya portable dan mudah pemakaiannya serta mengandung bahan antiseptik," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Unhas, Minggu (29/3/2020).

Kadar alkohol di atas 60 persen

Antiseptik adalah germisida pembunuh kuman. Bahan aktifnya adalah alkohol dengan kadar 60-90 persen yang bersifat membunuh virus.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X