Kompas.com - 16/03/2020, 09:14 WIB
|

KOMPAS.com - Sebagai bentuk kesiapsiagaan dan upaya pencegahan virus corona atau Covid-19 di Kota Surakarta, Jawa Tengah, akhirnya siswa dari jenjang PAUD hingga SMA/sederajat diliburkan.

Hal ini sebagai tindak lanjut instruksi Wali Kota Surakarta pada 13 Maret 2020. Karena itu, Dinas Pendidikan Kota Surakarta mengeluarkan Surat Edaran Nomor 443.26/489 Tahun 2020 tentang kesiapsiagaan dan pencegahan corona virus disease (Covid-19) pada satuan pendidikan Kota Surakarta.

"Karena Solo sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan kami mengacu pada beberapa dasar hukum termasuk instruksi Wali Kota Surakarta, maka siswa belajar di rumah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati, SH, MH kepada Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Ini Kebijakan Terbaru Disdikbud, UN SMK/SMA/SLB Se-Jateng Ditunda!

Menurut dia, dalam surat edarannya, siswa belajar dari rumah selama 14 hari terhitung sejak Senin (16/3/2020) dan untuk ketentuan masuk bakal disampaikan lebih lanjut.

Untuk pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan satuan pendidikan atau sekolah tetap melaksanakan tugas dengan menjalankan upaya pencegahan.

Hanya saja, para guru tetap diimbau tetap menjaga kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Tugas siswa di rumah

Sedangkan bagi siswa yang melaksanakan belajar di rumah 2 minggu, Etty Retnowati menjelaskan sebagai berikut:

1. Siswa melaksanakan proses belajar di rumah sesuai dengan materi pembelajaran dan tugas yang diberikan oleh pendidik.

2. Siswa juga diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tugas guru

Untuk guru atau pendidik, tugasnya ialah:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.