Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMK/MAK, Ini Kisi-kisi UN 2020 Mapel Matematika Teknik

Kompas.com - 15/03/2020, 11:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas XII SMK/MAK yang ingin ikut Ujian Nasional (UN) 2020, maka harus belajar dengan rajin.

Selain ikut bimbingan belajar, kamu juga bisa belajar di rumah dari kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Tentu, kamu juga harus tetap menjaga diri dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Yakni selalu rajin cuci tangan pakai sabun atau dengan hand sanitizer.

Baca juga: Cegah Corona, Kemendikbud: Dana BOS Bisa Dipakai Beli Hand Sanitizer

Jika UN 2020 hari pertama, Senin (16/3/2020) untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, berikut ini disampaikan kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK mapel Matematika jurusan teknik untuk hari kedua, Selasa (17/3/2020).

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, menjelaskan, memberi contoh, menghitung, dan membaca.

Lingkup materi

a. Aljabar, siswa dapat memahami dan menguasai konsep: pangkat, bentuk akar, logaritma, sifat dan operasi matriks, sistem persamaan linier dua variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan), barisan dan deret (aritmetika dan geometri), dan program linear.

b. Geometri dan trigonometri, siswa dapat memahami dan menguasai konsep: perbandingan trigonometri, unsur-unsur bangun ruang, hubungan antara unsur bangun ruang, transformasi geometri, koordinat kutub dan katesius.

c. Statistika dan peluang, siswa dapat memahami dan menguasai konsep: penyajian data dalam tabel dan diagram, ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran, peluang kejadian, kaidah pencacahan dan frekuensi harapan.

d. Kalkulus, siswa dapat memahami dan menguasai tentang grafik fungsi dan sifat-sifatnya yang meliputi: limit fungsi, turunan fungsi, integral, dan garis singgung.

2. Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus mengklasifikasi, menyelesaikan masalah, menentukan, menerapkan, memprediksi, dan mengoperasikan.

Lingkup materi

a. Aljabar, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam: hasil operasi matriks, determinan dan invers matriks, sistem persamaan linier dua variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, arisan dan deret (aritmetika dan geometri), program linear, logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan).

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK: Bahasa Indonesia dan Inggris

b. Geometri dan trigonometri, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam: perbandingan trigonometri, aturan sinus, aturan cosinus, dan luas segitiga, transformasi geometri, jarak antar unsur bangun ruang, dan unsur dan persamaan lingkaran.

c. Statistika dan peluang, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam: ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran, aturan pencacahan, peluang kejadian, frekuensi harapan, penyajian data dalam tabel dan diagram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com