Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 SMA di Jawa Timur yang Mudah Masuk Akpol dan Akmil

KOMPAS.com - Salah satu jenjang karier yang banyak dipilih siswa SMA adalah masuk Akademi Militer (Akmil) atau Akademi Kepolisian (Akpol).

Dengan masuk Akmil dan Akpol, siswa bisa lulus langsung menjadi prajurit TNI dan Polisi.

Namun untuk masuk kedua sekolah kedinasan ini, perlu usaha keras dari sisi akademik dan jasmani.

Namun di Jawa Timur, ada 5 SMA semi militer yang lulusannya gampang masuk Akpol dan Akmil.

Sebab, kelimanya adalah SMA semi militer yang tidak hanya punya kurikulum nasional, tetapi juga punya kurikulum kesamaptaan. Pengajarnya pun ada yang dari TNI maupun Polri.

Bahkan kelima SMA ini punya fasilitas yang mendukung pelatihan fisik serta pembelajaran yang sama dengan kedua sekolah kedinasan di atas. Lalu ada beasiswa dan asramanya.

Bagi siswa SMP yang kini duduk di bangku kelas 9, bisa cek informasi yang dirangkum Kompas.com di bawah ini. Berikut 4 SMA semi militer di Jawa Timur yang terkenal.

4 SMA semi militer di Jawa Timur

1. SMA Negeri Taruna Nala

SMA Taruna Nala di Jawa Timur ini menerapkan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman dari TNI Angkatan Laut melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal).

Banyak lulusan SMA Taruna Nala lebih gampang lanjut pendidikan ke akademi militer, akademi kepolisian. Meski ada banyak yang masuk perguruan tinggi dan sekolah kedinasan lainnya.

Dalam laman resminya, Taruna Nala juga sering bekerja sama dengan banyak pihak untuk beasiswa bagi lulusan SMP yang lolos masuk SMA di Kota Malang ini.

2. SMAN 3 Taruna Angkasa

SMA ini dibangun berdasarkan kerja sama antara Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Udara (TNI AU).

SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun menerapkan sistem pendidikan terpadu yang meliputi kegiatan pengajaran dan pelatihan jasmani.

Bahkan, peserta didik juga mendapatkan kurikulum khusus Bela Negara dan kedirgantaraan yang diampu oleh pihak TNI AU dengan mengadopsi sistem pendidikan yang ada pada TNI AU. Ada juga beasiswa prestasi bagi calon taruna yang lolos.

Tahun 2023, tercatat ada enam siswanya yang berhasil lolos Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Akademi Angkatan Laut (AAL). Termasuk para siswa yang lolos Bintara Polri dan TNI.

3. SMAN 5 Taruna Brawijaya

Berlokasi di Kediri Jawa Timur, SMA ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Darat.

Adapun siswa mendapatkan kurikulum khusus bela negara dan kesamaptaan yang diampu oleh TNI Angkatan Darat (AD).

Hampir setiap tahunnya, banyak siswa dari SMA ini lulus ke Akmil baik AAL, AAU, Akmil, dan Akpol.

4. SMAN 2 Taruna Bhayangkara

Satu lagi SMA semi militer yang ada di Jawa Timur yang lulusannya gampang masuk Akpol dan Akmil.

Sekolah ini juga merupakan kolaborasi antara Pemprov Jatim dengan Kepolisian RI.

SMAN 2 Taruna Bhayangkara Jawa Timur menerapkan sistem boarding school atau asrama yang diasuh langsung oleh tenaga pendidik dari guru dan Polri.

Kurikulum yang digunakan selain Kurikulum Nasional 2013 adalah kurikulum dari Polri meliputi pendidikan bela negara dan kebhayangkaraan, pendidikan mental kepribadian, dan pendidikan kesamaptaan jasmani.

Jadi itulah tempat SMA semi militer di Jawa Timur yang lulusannya terkenal lebih gampang masuk Akpol dan Akmil. Kamu pilih yang mana?

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/01/174714371/4-sma-di-jawa-timur-yang-mudah-masuk-akpol-dan-akmil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke