Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ukrida Jalin Kerja Sama dengan Majelis Pendidikan Kristen Indonesia

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) dan Majelis Pendidikan Kristen (MPK) Indonesia resmi menjalin hubungan kemitraan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Jumat, 28 April 2023, di Kampus I Ukrida, Jakarta.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi dan Ketua Umum MPK Indonesia, Handi Irawan Djuwadi.

Kerja sama antara Ukrida dan MPK meliputi pengembangan kurikulum/program bersama, penelitian dan pengabdian masyarakat, penyelenggaraan seminar/konferensi bersama, Ukrida Goes East Program, dan program Sukses Setelah Sekolah (3S).

Rektor Ukrida dalam sambutan mengatakan, penandatanganan MoU membuktikan komitmen Ukrida ambil bagian menjawab keprihatinan mengenai sekolah-sekolah Kristen, baik di daerah terpencil maupun di beberapa kota besar, yang kondisinya memerlukan dukungan.

“Hal tersebut menjadi panggilan bagi Ukrida untuk turut serta secara langsung dengan berbagai langkah strategis agar bisa mencerdaskan anak bangsa," tegas Wani Devita.

Ia juga menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk dapat menghasilkan pendidikan berkualitas dengan membantu meningkatkan profesionalisme guru dan karakter para siswa di sekolah Kristen.

"Semoga pertemuan ini dapat menjadi awal dari suatu keberlanjutan yang lebih spesifik dan bisa lebih banyak melibatkan berbagai pihak yang memerlukan dukungan, agar terwujud visi dan misi untuk mencerdaskan anak bangsa yang memiliki karakter mulia," harap Rektor Ukrida.

Sementara itu, Ketua Umum MPK dalam sambutan mengungkapkan keprihatinan masih banyak sekolah Kristen di Indonesia yang sebenarnya bisa memfasilitasi berbagai jenjang pendidikan, namun saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan jika tidak sungguh-sungguh didukung.

Untuk itu, MPK Indonesia gencar berusaha membangun kolaborasi dengan berbagai pihak mewujudkan visi dan misi agar menjadi lembaga yang mampu meningkatkan laju transformasi sekolah Kristen sebagai wadah pencetak lulusan unggul dan berkarakter Kristiani.

Handi Irawan berharap melalui kerja sama ini, Ukrida yang merupakan universitas berbasis nilai kristiani, dapat  berbagi ide melalui banyak program dari setiap fakultas, guna mendukung berkembangnya berbagai sekolah Kristen yang dinaungi MPK Indonesia.

Potensi Kolaborasi


 

Dalam diskusi tindak lanjut kerja sama, pihak Ukrida melalui para Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi memaparkan berbagai program yang memiliki potensi untuk dikolaborasikan.

Pjs. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida, Lambok Tampubolon memaparkan mengenai pelatihan Digital Marketing dari Program Studi Manajemen bagi para guru dan manajemen Sekolah.

Selain itu, dari Prodi Akuntansi siap memberikan pendampingan mengenai pelaporan pajak bagi guru, sedangkan untuk siswa dapat diberikan pelatihan kepemimpinan dan pengantar Akuntansi melalui program Kelas Pendengar.

Jika siswa mengikuti program ini dalam kurun waktu satu semester dapat dikonversi menjadi nilai mata kuliah yang jika saat lulus SMA siswa tersebut berkuliah di Akuntansi Ukrida tidak perlu lagi mengikuti mata kuliah tersebut.

Program Studi Magister Manajemen (MM) Ukrida juga dapat menjadi pilihan bagi para guru untuk melanjutkan studi ke jenjang S2. Di samping itu, MM Ukrida juga menyediakan program pelatihan bagi Manajemen Sekolah.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) Ukrida Ira Rasikawati menyampaikan mengenai adanya program Professional Development bagi para guru dengan menggunakan metode micro learning, yang diharapkan dapat menjangkau guru, tidak hanya di kota besar namun juga yang berada di daerah terpencil.

Selain itu, FISH juga memiliki program Ukrida Goes East yang rencananya akan mengunjungi beberapa sekolah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali untuk membawakan topik-topik tertentu yang dibutuhkan sekolah.

Lebih lanjut Dekan FISH Ukrida memaparkan program lainnya mengenai penggunaan teknologi di dalam kelas untuk mengembangkan aspek pedagogi dalam Bahasa Inggris khususnya, seperti Creative Writing dan Story Board bagi siswa maupun guru.

Ketua Program Studi Teknik Elektro, Johansah Liman mewakili Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Ukrida memperkenalkan lima program studi FTIK, yaitu Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Informatika, dan Sistem Informasi.

Disampaikan juga beberapa program yang sudah dan sedang berjalan, yaitu pelatihan elektronika bagi guru dan siswa tingkat SMP/SMA serta ekstrakurikuler tentang coding. MPK melihat adanya potensi membuka Coding School sebagai  bidang ilmu yang akan berkembang pesat di masa mendatang.

Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida, Antonius Ritchi Castilani menyebutkan ada sekitar 5.000 dokter alumni Prodi Kedokteran Ukrida yang saat ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia bahkan hingga ke beberapa negara lain, seperti Malaysia, Kongo, dan Korea Selatan.

Dalam perkembangannya, dua program studi baru, yaitu Optometri dan Keperawatan ikut memperkuat kiprah FKIK Ukrida.

Selain itu, Ukrida kini sudah memiliki dua Rumah Sakit, yaitu RS Family Medical Center (FMC) dan RS Ukrida yang akan mendukung program pengembangan sekolah Kristen yang memerlukan realisasi tindak lanjut dalam bidang kesehatan.

Ketua Prodi Psikologi Ukrida, Pinkan Margaretha Indira, mewakili Dekan Fakultas Psikologi menginformasikan pelaksanaan program Sukses Setelah Sekolah (3S) berupa workshop bagi siswa SMA, melalui konseling dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan yang tepat sesuai minat serta bakat.

Selain itu juga disampaikan peluang untuk melaksanakan Workshop Literasi Dasar Kesehatan Mental (Mental Health) Siswa.

Fakultas Psikologi Ukrida juga berkomitmen untuk mendukung program MBKM dari Kemendikbudristek, melalui Kampus Mengajar, yaitu mahasiswa Program Studi Psikologi semester V melaksanakan program asistensi mengajar di sekolah-sekolah.

Dalam pernyataan penutupnya, Ketua Umum MPK Indonesia, Handi Irawan mengatakan, “Ukrida menjadi prioritas dan sangat terhormat dapat bekerjasama dengan Ukrida, serta berharap agar program yang terlaksana akan membawa dampak yang lebih luas bagi pendidikan Kristen bagi kemuliaan Tuhan.”

Acara ini dihadiri  perwakilan pengurus MPK Indonesia, yaitu Wahidin Wardiman (Wakil Sekretaris Umum), Santoso Gondowidjojo (Anggota Bidang Kemitraan), dan Tony (Anggota Bidang Digitalisasi Pembelajaran).

Sementara itu, dari pihak Ukrida hadir pula Mina Sulastri Njotowidjojo (Direktur Pelaksana Badan Pengurus YPTK Krida Wacana), Denni Boy Saragih (Wakil Rektor III) dan para Dekan Fakultas bersama Ketua Program Studi, serta Kepala Unit terkait.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/02/195257371/ukrida-jalin-kerja-sama-dengan-majelis-pendidikan-kristen-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke