Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

LP3M UNG dan UNJ Gelar Lokakarya Kurikulum OBE dan Penjaminan Mutu

KOMPAS.com - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Gorontalo (LP3M UNG) melakukan benchmarking dan workshop kurikulum Outcome Based Education (OBE) dan penjaminan mutu di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kegiatan yang berlangsung di UTC-UNJ pada 6–9 Maret 2023 bertujuan meningkatkan kualitas penjaminan mutu serta meningkatkan kualitas kurikulum untuk menjawab tantangan masa depan.

Dalam kesempatan sama juga dilakukan pendatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ketua LP3M UNG dan LP3M UNJ untuk meningkatkan mutu kedua perguruan tinggi yang sudah meraih akreditasi dengan predikat “Unggul”. 

Prof. Elya Nusantari selaku Ketua LP3M UNG mengatakan, kegiatan ini sangat perlu dilakukan selain persiapan akreditasi internasional UNG juga untuk meningkatkan kapasitas.

"Hal ini untuk meningkatkan kapabilitas para pimpinan serta staf dalam memahami siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) dan proses akreditasi, baik oleh BAN-PT, Lembaga Akreditasi Mandiri maupun Akreditasi oleh lembaga Internasional seperti FIBAA, ASIIN dan lain-lain," ungkap Prof. Elya Nusantari.

Dalam kesempatan sama, Kepala LP3M UNJ Prof. Muhammad Zid mengungkapkan, acara workshop dan pelatihan akreditasi internasional merupakan realisasi MoU dan kesepakatan Forum LP3M 12 LPTK Negeri se-Indonesia.

"UNG jadi universitas kedua diantara anggota Forum LP3M LPTK Negeri se-Indonesia yang melakukan benchmarking ke LP3M UNJ setelah sebelumnya pada akhir tahun 2022 lalu LP3M UNIMA Manado hadir ke UNJ juga,"  ungkap Prof. Zid.

Kerjasama ini, tegas Prof. Zid, merupakan bukti bahwa MoU dan PKS yang ada dapat terealisasikan dengan baik.

"Workshop dan seminar ini juga menjadi penting dalam upaya mempercepat UNJ dan UNG go internasional, terlebih kedua Universitas sudah memperoleh akreditasi unggul, dan UNJ siap menjadi PTN BH," lanjutnya.

Menguatkan UNG dan UNJ

Prof. Zid berharap, kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, dan menunjukkan bahwa LP3M bukan hanya mengerjakan tugas rutinitas tetapi membantu meningkatkan berbagai kualifikasi dan kompetisi bagi dosen internal maupun eksternal.

"Terima kasih atas kepercayaan dari UNG kepada UNJ yang telah memilih dan berkunjung kepada kami. Semoga kami juga dapat mengambil segala yang baik dan saling menguatkan antar LPTK,“ tutup Prof. Muhammad Zid.

Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam pembukaan acara mengajak seluruh peserta untuk maju bersama sesuai dengan jargon dari LPTK eks IKIP.

"Jadi kami tidak ingin saling meninggalkan bersama. Kami ingin menjadi sebaik-baiknya bukan berarti kami ingin meninggalkan yang lainnya. Harapan saya melalui kegiatan ini dapat berkala dengan baik dan saling menguntungkan dan menguatkan hati kedua belah pihak," ungkap Prof. Komarudin.

"Dan semoga produktivitas makin tinggi dan produktif, dan tentu juga kita mendukung kebijakan pemerintah sesuai dengan kapasitas kita sehingga program MBKM berhasil,” harap Prof. Komarudin.

Lawatan UNG ke UNJ dihadiri berbagai unsur yang ada di UNG mulai dari Pimpinan Universitas, Biro Akademik Fakultas/Pascasarjana, Lembaga LP3M serta LP2M, serta Penjamu Fakultas maupun Pascasarjana UNG.

Sementara dari UNJ selain Rektor UNJ juga dihadiri oleh Prof. Agus Dudung (Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan), Prof. Muhammad Zid (Kepala LP3M UNJ), serta Prof. Budiaman (Sekretaris LP3M UNJ), serta para Koorpus dan pemateri UNJ.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/08/154413771/lp3m-ung-dan-unj-gelar-lokakarya-kurikulum-obe-dan-penjaminan-mutu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke