Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamu Punya 5 Hal Ini? Maka Cocok Kuliah di Politeknik

KOMPAS.com - Tidak hanya sekedar memilih jurusan kuliah yang tepat, tetapi pilihan kampus atau perguruan tinggi juga harus sesuai.

Nah, pendidikan juga harus disesuaikan lebih condong ke pendidikan akademik (universitas) atau pendidikan vokasi (politeknik).

Namun bagi lulusan SMK/sederajat akan lebih cocok jika melanjutkan pendidikan tinggi di politeknik. Kenapa demikian?

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Rabu (25/1/2023), sejak awal didirikan, politeknik diselenggarakan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional yang dibutuhkan oleh industri.

Karenanya, pendidikan di politeknik lebih diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri.

Para lulusan politeknik juga menjadi sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Sedangkan universitas ialah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan atau teknologi.

Jika memenuhi syarat, sebuah universitas bisa menyelenggarakan pendidikan profesi.

Tetapi, tentu semua kembali pada diri kamu sebagai calon mahasiswa. Kenali lebih dalam apa yang sebenarnya kamu inginkan, apa yang menjadi passion terbesar kamu, potensi dan kemampuan yang kamu miliki, serta tidak lupa minat yang ada pada diri kamu.

Namun jika kamu punya 5 hal ini, maka sebaiknya memilih kuliah di Politeknik.

1. Jadi lulusan SMK

Tentu, politeknik tidak mensyaratkan bahwa calon mahasiswanya harus lulusan SMK. Jika kamu adalah lulusan SMK, memilih politeknik akan jauh lebih baik karena kamu berada pada jalur pendidikan yang sama, yakni pendidikan vokasi.

Sistem belajar yang diterapkan di SMK dan politeknik juga mirip sehingga akan lebih mudah untuk beradaptasi.

2. Lebih suka praktik dari pada teori

Apabila kamu bukan tipikal ahli dalam hal teori atau lebih suka terhadap hal-hal yang sifatnya praktik langsung, kamu perlu memilih politeknik.

Di politeknik, bobot kegiatan praktikum atau praktik jauh lebih banyak dibandingkan bobot untuk mempelajari teori di kelas.

3. Lebih condong di satu ilmu

Seandainya kamu termasuk orang yang tidak suka setengah-setengah dalam mempelajari sesuatu, ada baiknya memilih politeknik.

Sebab di politeknik, ilmu yang ditawarkan akan lebih spesifik sehingga calon mahasiswa dapat memilih jurusan sesuai passion dan mempelajari ilmu tersebut secara mendalam dan tuntas.

4. Malas tentukan mata kuliah

Adapun sistem perkuliahan paket yang disesuaikan dengan industri membuat kamu tidak perlu lagi bingung atau repot-repot menentukan mata kuliah yang harus diambil setiap semesternya di politeknik.

Jadi, kamu hanya cukup menjalani paket-paket SKS yang sudah ditentukan karena itu sudah diterjemahkan sebagai jumlah mata kuliah dengan total SKS per semester yang harus diambil.

5. Ingin lebih cepat mandiri

Tentunya, tujuan utama dari pendidikan vokasi ialah memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional yang dibutuhkan industri.

Selain itu, lulusan pendidikan vokasi juga diharapkan dapat segera terserap dunia kerja dengan penghasilan yang layak dan kemudian menjadi lebih cepat mandiri.

Lulusan pendidikan vokasi, termasuk politeknik, juga dipersiapkan untuk berwirausaha sehingga bisa lebih cepat mandiri, terutama dalam hal finansial.

Jadi, apakah 5 hal di atas ada dalam diri kamu? Jika iya, maka melanjutkan kuliah di politeknik akan lebih pas.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/27/154302371/kamu-punya-5-hal-ini-maka-cocok-kuliah-di-politeknik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke