Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Agar Tidak Menjadi Mahasiswa Boros Saat Kuliah, Yuk Coba

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa seharusnya sudah bisa mengelola keuangannya secara mandiri.

Agar tidak boros dalam mengelola keuangan, ada tips berhemat yang bisa diterapkan mahasiswa. Tips ini mungkin bisa membantu mahasiswa yang merantau atau tinggal di kos-kosan dalam mengelola uang sakunya.

Jika mahasiswa bisa berhemat atau tidak boros, akan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya saat masih menjadi mahasiswa, tapi juga di hari tua kelak.

Melansir dari laman Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Minggu (4/12/2022) membagikan tips agar tidak menjadi mahasiswa boros saat kuliah di perguruan tinggi.

Tips agar tidak menjadi mahasiswa boros saat kuliah

Berikut 5 tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Rajin menyisihkan uang jajan untuk tabungan dan dana cadangan

Bukan hanya sebagai tabungan, uang jajan yang disisihkan untuk disimpan saat kuliah, bisa digunakan sebagai dana cadangan.

Tujuan menyimpan dana cadangan itu, agar bisa digunakan pada saat keadaan mendadak saat mahasiswa tidak mungkin untuk meminta dana dadakan dari orangtua.

2. Jauhi gaya hidup boros

Saat menjalani masa perkuliahan, mahasiswa harus menjauhi gaya hidup hedon atau kebiasaan yang suka sekali berfoya-foya menghabiskan uang untuk kebutuhan yang bukan primer. Seperti berbelanja sesuatu yang tidak diperlukan hingga nongkrong di kafe yang mahal.

Hal ini demi membuat biaya hidup lebih hemat saat menjadi mahasiswa. Menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak berguna atau bermanfaat sebaiknya dihindari.

Uang bulanan yang diberikan orangtua, harus digunakan sebaik mungkin. Sebab, masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus diutamakan.

3. Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Catatan keuangan saat masa kuliah sangat diperlukan. Langkah itu demi mengerem semua pengeluaran yang tidak bermanfaat bagi.

Selain itu, catatan keuangan berguna untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah dikeluarkan dan juga dapat melatih untuk bisa lebih teliti lagi dalam mengatur keuangan kalian di hari tua agar tidak boros.

4. Bawa bekal makanan sendiri

Sebagai mahasiswa rantau, mengelola keuangan dengan bijaksana sangatlah penting. Jangan sampai uang saku bulanan sudah habis sebelum tanggal dikirim uang saku lagi oleh orangtua.

Salah satu tips berhemat yang bisa dilakukan mahasiswa adalah dengan membawa bekal makanan sendiri. Cara ini patut dicoba untuk dilakukan agar tidak boros saat kuliah.

Selain makanan yang dibuat sendiri dapat lebih terjamin kebersihannya, cara ini juga bisa melatih kemampuan memasak yang akan sangat bermanfaat di masa tua nanti. Mahasiswa tidak perlu membeli makanan mahal di kafe atau warung makanan di dalam maupun luar kampus.

5. Cari pekerjaan sampingan

Cara lain untuk bisa mengatur keuangan adalah dengan bekerja sampingan selama berkuliah. Jika memutuskan untuk bekerja, ini akan memberi lebih sedikit waktu untuk membelanjakan uang yang diperoleh dan meningkatkan daya tabungan.

Hal ini juga bermanfaat karena mahasiswa bisa mempunyai pengalaman bekerja sebelum selesai kuliah.

Itulah 5 tips agar tidak menjadi mahasiswa boros saat kuliah yang patut dicoba. Dengan mengelola keuangan dengan bijak, di masa yang akan datang mahasiswa tentu akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/04/151700571/5-tips-agar-tidak-menjadi-mahasiswa-boros-saat-kuliah-yuk-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke