Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Kuliah di Inggris? Ini 7 Keuntungan yang Kamu Peroleh

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan tinggi bisa di dalam maupun luar negeri. Tapi bagi yang berencana kuliah di luar negeri, harus menentukan negara mana yang ingin jadi tempat menimba ilmu.

Jika kamu tertarik kuliah di Inggris, tentu negara tersebut punya berbagai kelebihan. Sebab, punya kampus yang masuk sebagai universitas terbaik di dunia.

Bahkan artis Indonesia juga banyak yang kuliah di UK. Seperti Maudy Ayunda, Vidi Aldiano dan Gita Gutawa.

Apakah kamu ingin kuliah S1 atau S2 di Inggris? Jika iya, maka harus paham beberapa keuntungan kuliah di Inggris.

Keuntungan kuliah di Inggris

Melansir laman Rencanamu.id, 25 Februari 2022, ini 7 keuntungan kuliah di Inggris:

1. Kuliah lebih cepat

Umumnya, di beberapa negara program sarjana diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Bahkan untuk mahasiswa internasional, bisa lebih lama lagi. Tapi di Inggris, masa studi sarjana bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 tahun.

Bahkan untuk pelajar internasional seperti dari Indonesia. Ini berarti bahwa jika kuliah di Inggris, kamu akan selangkah lebih maju lagi.

2. S2 hanya 1 tahun

Tidak hanya untuk masa studi S1 yang bisa lebih cepat, tetapi program master atau S2 di Inggris hanya membutuhkan waktu 1 tahun.

Itu sebabnya, setelah lulus S1 di Inggris, banyak mahasiswa yang langsung melanjutkan ke jenjang magister.

3. Tak terkendala bahasa

Adapun keuntungan kuliah di Inggris berikutnya ialah siswa Indonesia sudah familiar dengan bahasa Inggris. palagi tempat les bahasa Inggris ada dimana-mana.

Jadi kamu tidak akan masalah dengan bahasa. Untuk belajar di Inggris, kamu harus menyertakan skor hasil tes IELTS 6.0 untuk S1 dan 6,5 untuk studi S2.

Selain IELTS, kamu bisa mengambil tes serupa seperti TOEFL, TOEFL Home Edition, atau Pearson (PTE).

4. Jadi tempat terbaik

Inggris merupakan salah satu tempat terbaik untuk melanjutkan studi. Mulai dari perkuliahan di bidang Bisnis, Desain, Sosial Politik, hingga Kesehatan Penelitian akademik maupun penelitian ilmiah di sana juga berkembang pesat.

Tak hanya itu saja, kemajuan teknologi dan industrinya juga tak diragukan lagi. Salah satu perpustakaan terbesar di dunia pun ada di Inggris.

Jadi, kamu akan memiliki kesempatan untuk menimba ilmu sekaligus memperoleh wawasan yang luas di negeri tersebut.

5. Bisa ikut magang

Selain belajar, mahasiswa juga berkesempatan untuk magang. Ini jadi kesempatan emas untuk melatih soft skill seperti kolaborasi, kemandirian, dan komunikasi.

Tentu saja, pengalaman magang di Inggris ini akan sangat baik untuk CV-mu nanti dalam melamar pekerjaan.

6. Negara multikultur

Untuk keuntungan kuliah di Inggris berikutnya ialah karena Inggris adalah negara multikultural. Tentu dengan orang-orang dari berbagai ras dan budaya.

Sebagai mahasiswa internasional, kondisi ini menguntungkan bagi dirimu. Kamu akan mudah beradaptasi di lingkungan multikultural.

7. Banyak pengalaman baru

Jika sudah di Inggris, maka kamu bisa menjelajahi berbagai tempat dan mendapatkan banyak pengalaman baru. Inggris adalah negara yang indah, dengan banyak bangunan bersejarah, kota budaya, dan pedesaan yang indah.

Selain itu, Inggris juga dekat dengan negara-negara Eropa lainnya, jadi kalau kuliah di sana bisa jalan-jalan ke berbagai negara di Eropa.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/28/125218271/mau-kuliah-di-inggris-ini-7-keuntungan-yang-kamu-peroleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke