Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besaran Biaya untuk Gelar Formula E Jakarta 2022

Kompas.com - 29/05/2022, 17:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Balapan Formula E seri Jakarta akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022. Pihak komite pelaksana pun telah merilis jadwal rangkaian acara pada hari pelaksanaannya.

Formula E 2022 seri Jakarta merupakan bagian dari 16 seri dalam kalender balap tahun 2022.

Selain jadwal acara, panitia pun telah mengumumkan daftar sponsor dan tata cara membeli tiket Formula E 2022 di Jakarta.

Penjualan tiket Formula E Jakarta pun telah dimulai sejak 1 Mei 2022. Masyarakat yang berminat menonton ajang balapan mobil listrik itu dapat membeli tiket secara online.

Biaya penyelenggaraan Formula E 2022 Jakarta

Dilansir dari Antara melalui KOMPAS.com, panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan bahwa biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai sekira Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar.

Baca juga: Undang Giring Nonton Formula E, Komisaris Jaya Ancol: Tapi Tidak Ada Tempat untuk Angon Kambing

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (27/5/2022), Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni membeberkan biaya penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

"Untuk aspalnya, kan sudah tahu, hampir Rp 60 miliar, selebihnya pembangunan grandstand dan segala macamnya," kata Sahroni.

Pembangunan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu dilaksanakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan anggaran mencapai Rp 60 miliar. Sirkuit itu memiliki 18 tikungan dengan bentuk menyerupai kuda lumping.

Selain biaya pembangunan sirkuit, panitia juga membangun fasilitas pendukung lainnya seperti panggung penonton, garasi pebalap (paddock), dan fasilitas lainnya.

Setelah rampung dikerjakan, panitia menjual 60 ribu tiket untuk penonton yang terdiri dari lima kategori kelas, yakni "Festival Ancol", "Festival Circuit", "grandstand", VIP, dan VVIP.

Baca juga: Rincian Triliunan Rupiah Dana APBN untuk Penyelenggaraan MotoGP Mandalika

Adapun harga tiket paling murah adalah "Festival Ancol" yaitu sebesar Rp 250 ribu dan termahal untuk kelas VVIP untuk kategori "Jakarta Royal Suite" mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Selain menonton balapan, panitia juga menampilkan hiburan dari para artis ibu kota serta pameran UMKM DKI Jakarta.

Nantinya, sirkuit permanen yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, juga akan digunakan untuk selain agenda balap mobil listrik.

Sebelumnya, BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang mengeluarkan dana pembangunan sirkuit itu mengatakan, rencananya ada tujuh agenda lain usai ajang Formula E.

"Selesai ini (Jakarta E-Prix) masih ada tujuh lagi kegiatan di Sirkuit Formula E. Pada tahun ini di-booked tujuh (kegiatan)," kata Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto.

Baca juga: Dedikasikan Kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, Miguel Oliveira: Kemenangan Ini Untukmu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com