Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tidak Usah Grusa-grusu", Pesan Jokowi untuk Relawan Hadapi Pilpres 2024

Kompas.com - 12/06/2022, 12:10 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Mengenai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, Presiden Joko Widodo berpesan kepada relawannya untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan sikap.

Jokowi mengingatkan relawannya bahwa masih banyak persoalan besar negara yang harus diselesaikan dengan bekerja keras.

"Saya mengajak tidak usah tergesa-gesa dulu, kita bekerja keras menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Tidak usah grusa-grusu, kalau ada yang mempengaruhi, sampaikan, nanti dulu," kata Jokowi dalam acara Silaturahmi Relawan Tim 7 Jokowi Presiden di Ancol, Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Pernyataan itu lalu dijawab dengan seruan 'setuju' oleh para relawan yang hadir.

Jokowi mengatakan, pada momentum yang tepat, ia akan kembali berbicara dengan para relawan mengenai sikap politik yang akan dia ambil dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sementara itu, Jokowi meminta relawannya untuk mendengarkan suara akar rumput mengenai calon yang akan didukung oleh relawan Jokowi.

Baca juga: Saat Jokowi Kembali Ingatkan Relawannya, Tidak Grasa-Grusu, Ojo Dumeh...

"Nanti kalau momentumnya sudah tepat, saya akan ajak bicara lagi, kita ketemu lagi. Saya akan bertanya kepada Bapak Ibu dan Saudara-Saudara semuanya, 'siapa?' Saya akan bertanya, 'siapa?'" ujar Jokowi.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan agar sosok yang didukung oleh relawannya bukan berdasarkan pada keputusanya semata, tetapi keputusan seluruh relawan.

"Dengarkan tetangga, dengarkan di akar rumput, dengarkan semuanya. Karena nilai-nilai yang ingin kita bangun adalah sebuah nilai-nilai kerakyatan, nilai-nilai kebersamaan," kata mantan wali kota Solo itu.

"Sekali lagi, kalau nanti momentumnya sudah tepat, saya akan ajak bicara. Satu persatu akan saya tanya dan kita dengan energi yang penuh, full mendukung siapapun yang sudah kita putuskan bersama," kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga berpesan kepada relawannya untuk tidak bersikap berlebihan karena mereka merupakan relawan pendukung Jokowi. Ia mengatakan, semua pihak harus berintrospeksi, termasuk dirinya sendiri yang merasa banyak kekurangan.

"Ojo dumeh, kalau orang Jawa bilang 'ojo dumeh. Jangan berlebihan dalam berperilaku, jangan mentang-mentang dalam berperilaku. Sebaik-baiknya adalah kita berintropeksi diri sehingga bisa memperbaiki apa-apa yang kita ini kurang," kata Jokowi.

Baca juga: Pesan Jokowi ke Relawan: Ojo Dumeh, Jangan Mentang-mentang dalam Berperilaku....

Pesan serupa sebelumnya pernah disampaikan Jokowi saat menghadiri rapat kerja nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Sabtu (21/5/2022) lalu.

Saat itu, Jokowi juga berpesan kepada relawan pendukungnya untuk tidak memberikan dukungan dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

"Yang berkaitan dengan politik, yang ketiga, karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan-persoalan tadi, yang ketiga, urusan politik ojo kesusu sik (jangan buru-buru dulu)," kata Jokowi saat itu.

(Sumber: Kompas.com Penulis Ardito Ramadhan | Editor Ivany Atina Arbi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com