Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rincian Triliunan Rupiah Dana APBN untuk Penyelenggaraan MotoGP Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 21:16 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Balapan seri MotoGP Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah diselenggarakan pada Minggu (20/3/2022).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan jumlah anggaran negara yang dihabiskan untuk menyelenggarakan MotoGP Mandalika 2022.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (19/3/2022), Sri Mulyani mengatakan, alokasi terbesar untuk gelaran MotoGP Mandalika 2022 berasal dari skema penyertaan modal negara (PMN) BUMN.

Sri Mulyani menjelaskan, tanpa bantuan uang negara, ajang balapan MotoGP itu akan sulit terselenggara.

Dia mengungkapkan, pemerintah telah mengalokasikan dana kepada PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) senilai Rp 1,3 triliun.

Baca juga: Dedikasikan Kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, Miguel Oliveira: Kemenangan Ini Untukmu

Selain melalui suntikan modal ke perusahaan negara, APBN juga mengalir melalui anggaran kementerian dan lembaga (K/L) yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

"Uang kita (APBN) turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar ini antara lain melalui PMN dan dukungan kepada K/L terkait, insentif PPN, dan insentif bea masuk dan pajak impor," ujar Sri Mulyani.

"Seluruh dukungan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinantikan ini," imbuhnya.

Sri Mulyani melaporkan, selain alokasi PMN ke BUMN, APBN juga disalurkan melalui penganggaran kementerian dan lembaga sebesar Rp 1,18 triliun, Insentif PPN atas Jasa Kena Pajak sebesar Rp 240,73 miliar, dan Insentif Bea Masuk dan Pajak Impor senilai Rp 10,41 miliar.

Sri Mulyani menyebutkan, MotoGP bisa jadi kebanggaan Indonesia, apalagi pecinta MotoGP di Tanah Air cukup besar.

Baca juga: Uang APBN Triliunan Rupiah untuk MotoGP di Mandalika, Hasil Apa yang Dicapai Pemerintah?

"Akhir pekan ini, sirkuit Mandalika Lombok menggelar seri kedua MotoGP 2022. Penggemar MotoGP pasti sangat menantikan momen ini. Siapa rider andalanmu? 25 tahun menunggu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah rangkaian balap MotoGP. Bangga!" kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, penyelenggaraan MotoGP juga berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi di Lombok dan sekitarnya. Kunjungan turis pun diperkirakan meningkat.

"Berkat terselenggaranya MotoGP, kegiatan perekonomian penduduk sekitar turut berkembang, bahkan para pembalap ikut memeriahkan acara dengan menggunakan atribut khas Indonesia, seperti topi caping," ujar Sri Mulyani.

"Mereka juga membagikan momen-momen menyenangkan bersama para pelaku UMKM Lombok selama persiapan acara," lanjutnya

"Semoga euforia ini bisa berdampak positif untuk masyarakat Lombok, dan dunia semakin mengenal Indonesia. Selamat menonton Pertamina Grand Prix of Indonesia. Kita nantikan pemenang seri kali ini. Apakah rider andalanmu?" sambungnya.

Baca juga: 20 Pebalap Bakal Motoran Bareng Jokowi Jelang MotoGP Indonesia, Ini Daftarnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com