Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Kompas.com - 20/03/2022, 20:35 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami oleh banyak orang. Jerawat bahkan bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang, termasuk merasa cemas terkait penampilan.

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, jerawat timbul akibat bakteri dan pori-pori tersumbat. Hormon dan beberapa jenis makanan pun dapat menyebabkan jerawat tumbuh di wajah dan bagian tubuh lainnya.

Jerawat dapat diatasi dengan berbagai produk kesehatan kulit yang banyak tersedia di pasaran.

Akan tetapi, produk kecantikan yang mengandung bahan kimia memiliki efek samping yang bisa berbahaya, terutama saat kulit tidak cocok dengan kandungan produk tersebut.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit, kecuali jika memiliki alergi tertentu.

Beberapa tumbuhan memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antiseptik. Hal itu bisa membantu mengurangi bakteri dan peradangan penyebab jerawat, serta menyembuhkan noda bekas jerawat.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Masalah Jerawat akibat Sering Pakai Masker

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (6/4/2021), berikut ini 8 bahan alami yang dapat mengatasi jerawat secara aman.

1. Kunyit

Bahan alami untuk mengatasi jerawat yang pertama adalah kunyit. Kunyit termasuk dalam daftar rempah yang paling efektif menyelesaikan berbagai masalah kulit.

Dilansir dari ndtv.com melalui KOMPAS.com, kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah perkembangan jerawat dan membantu menghilangkan kemerahan serta pembengkakan.

Cara menggunakan kunyit untuk mengatasi jerawat adalah dengan mencampurkannya bersama susu hingga bentuknya berubah menjadi seperti pasta, kemudian oleskan di area jerawat pada wajah.

2. Lidah buaya

Dilansir dari genylifestyles.com melalui KOMPAS.com, ekstrak Lidah Buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang membuat tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut.

Oleskan ekstrak gel lidah buaya murni dari daun yang baru dipotong dan di area jerawat untuk mengurangi munculnya bekas jerawat.

Lidah buaya dapat dikombinasikan dengan lemon dan madu. Selain itu, minum jus lidah buaya di pagi hari juga bisa menghilangkan jerawat.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Cicak di Rumah dengan Bahan Alami

3. Pala

Pala bukan hanya dapat menambah citarasa masakan, namun rempah ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat.

Caranya:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com