Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Serang Ukraina dengan Rudal Hipersonik Kinzhal Terbaru

Kompas.com - 20/03/2022, 20:51 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Rusia belum menghentikan invasinya di Ukraina. Belum lama ini, pasukan militer Rusia meluncurkan rudal hipersonik Kinzhal terbarunya ke Ukraina pada Jumat (18/3/2022).

Dilansir dari AFP melalui KOMPAS.com, Rusia menggunakan rudal Kinzhal untuk menghancurkan tempat penyimpanan senjata di Ukraina Barat.

Rusia mengaku, pasukan militernya belum pernah menggunakan senjata dengan presisi tinggi dalam pertempuran.

Kantor berita negara RIA Novosti mengatakan, penggunaan senjata hipersonik Kinzhal itu adalah yang pertama selama konflik di Ukraina Barat.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (19/3/2022), pihak Kemenhan Rusia mengungkapkan, rudal Kinzhal yang digunakan telah menghancurkan ruang penyimpanan rudal dan amunisi penerbangan milik Ukraina.

Baca juga: Arti dan Fungsi Simbol Huruf Z di Tank Militer Rusia Menurut Pengamat Militer

“Sistem rudal Kinzhal dengan rudal aeroballistik hipersonik menghancurkan gudang bawah tanah besar yang berisi rudal dan amunisi penerbangan di desa Deliatyn di wilayah Ivano-Frankivsk”, ujar Kemenhan Rusia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut rudal Kinzhal sebagai senjata ideal yang terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara dan dapat lolos dari sistem pertahanan udara.

Rudal Kinzhal adalah salah satu dari serangkaian senjata baru yang diungkap Putin dalam pidato kenegaraannya pada tahun 2018 lalu.

Deliatyn merupakan desa di kaki pegunungan Carpathian, di luar kota Ivano-Frankivsk. Adapun wilayah Ivano-Frankivsk berbagi perbatasan sepanjang 50 kilometer dengan Romania yang merupakan anggota NATO.

(Penulis: Aditya Jaya Iswara)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com