Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Pengganti Minyak Goreng, dari Minyak Zaitun hingga Mentega

Kompas.com - 27/02/2022, 07:25 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa bulan terakhir harga minyak goreng meroket tajam bahkan sangat sulit ditemukan di pasaran.

Masyarakat berburu minyak goreng di minimarket, pasar, dan toko untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga yang lebih terjangkau.

Lantas, apa yang dapat digunakan masyarakat untuk menggantikan minyak berbahan goreng sawit?

Berikut beberapa di antaranya. Alternatif pengganti minyak goreng sawit Mengutip Kompas.com, berikut ini adalah minyak goreng yang dapat mengganti minyak goreng kelapa sawit:

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari ekstrasi buah zaitun. Jenis minyak zaitun atau olive oil yang biasa digunakan untuk memasak adalah olive oil biasa dan extra virgin olive oil.

Baca juga: Ini 8 Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit untuk Memasak

Selain itu, minyak zaitu juga ada jenis yang dapat dikonsumsi langsung. Minyak zaiitun memiliki titik asap relatif lebih rendah dibandingkan minyak yang lain.

Sehingga, sebaiknya digunakan saat memasak dengan api kecil dan sedang. Untuk extra virgin oilve oil juga sebaiknya dipakai hanya untuk dressing salad.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga tinggi karena ia stabil pada panas tinggi.

Minyak kelapa juga tak akan panas saat suhu tinggi. Selain itu minyak kelapa juga harum untuk dipakai sebagai bahan membuat kue.

Minyak kelapa terdiri dari 92 persen lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi sehingga membuatnya menjadi minyak goreng yang stabil.

Namun juga minyak kelapa sebaiknya dipakai untuk menggoreng dangkal karena titik asapnya yang rendah.

Minyak alpukat

Minyak alpukat juga bisa dipakai untuk menggoreng dangkal. Hal ini karena minyak alpukat mengandung cukup tinggi lemak tak jenuh tunggal sehingga cukup stabil saat dipanaskan.

Minyak alpukat merupakan minyak yang didapatkan dari buah alpukat namun tak mengalami pemurnian. Meski demikian penggunaan minyak alpukat sebagai minyak goreng direkomendasikan untuk diapakai sebagai minyak tumisan.

Minyak bunga matahari

Minyak ini berasal dari bunga matahari yang kemudian diproses. Adapun minyak dari bunga matahari ini memiliki titik asap tinggi dan tak memiliki rasa yang kuat sehingga cocok untuk menggoreng makanan.

Namun minyak bunga matahari mengandung omega-6 yang tinggi,

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com