Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Masker yang Diklaim Mampu Cegah Covid-19 Varian Omnicorn

Kompas.com - 08/01/2022, 07:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi pada awal tahun 2020 lalu, masyarakat secara perlahan mulai memiliki kebiasaan baru, salah satunya adalah mengenakan masker.

Memakai masker memang menjadi salah satu poin dalam protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama pandemi Covid-19 berlangsung, terutama saat beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan interaksi dengan banyak orang.

Sayangnya, tak semua jenis masker efektif mencegah penyebaran virus Corona, apalagi saat ini muncul berbagai varian baru, termasuk varian Omicron.

Pakar penyakit menular, Steven Gordon mengatakan, masker dapat menghalangi embusan partikel virus ke udara, sehingga membantu mencegah penyebarannya.

Selain itu, masker juga bisa menjadi penghalang droplet agar tidak menyebar ke sekitar saat batuk atau bersin.

Baca juga: Varian Omicron Masuk Indonesia, Cek Lagi Masker yang Anda Gunakan

"Akan tetapi, masker kain yang seringkali terbuat dari bahan seperti kapas tidak bisa memberikan perlindungan efektif dari paparan virus yang sangat menular seperti virus Corona varian Omicron," ujar Steven.

Pilih masker dengan tingkat filtrasi tinggi dan pas dengan ukuran wajah, sehingga dapat memberikan perlindungan terbaik dari berbagai varian virus Corona, termasuk Omicron.

“Pastikan bahwa area mulut dan hidung tertutup dengan baik," tegasnya.

Jenis masker yang mampu cegah varian Omicron

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (29/12/2021), berikut ini 3 jenis masker yang diklaim mampu cegah virus Corona varian Omicron:

1. N95

Masker N95 disebut sangat efisien dalam menyaring udara yang masuk dan keluar dari hidung dan mulut. Masker jenis ini diklaim mampu menyaring sekira 95 persen partikel di udara.

Masker N95 memiliki bentuk yang pas dengan wajah. Selain itu, masker ini juga dilengkapi dengan segel logam yang dapat disesuaikan di bagian depan.

Baca juga: 162 Kasus Omicron di Jakarta, Wagub DKI: Jangan Main-main soal Karantina

2. KN95

Sama dengan masker N95, masker KN95 juga disebut dapat menyaring sekira 95 persen partikel di udara.

Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah penggunanya. Selain itu, masker KN95 juga dapat membentuk lekukan kecil di atas mulut dan hidung sehingga memudahkan pemakainya dalam bernapas.

3. KF94

Mirip KN95, masker KF94 juga diklaim mampu mencegah penyebaran virus Corona varian Omicron.

Masker jenis ini juga disebut mampu menyaring sekira 94 persen partikel di udara sehingga cocok digunakan masyarakat saat ini.

(Penulis: Ariska Puspita Anggraini)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com