4 Tanda AC di Rumah Sebaiknya Diganti

Kompas.com - 03/01/2022, 00:10 WIB

KOMPAS.com - Seperti barang elektronik pada umumnya, Air Conditioner (AC) memiliki juga memiliki jangka waktu penggunaan. Setiap AC memang tidak sama lama waktu keawetannya.

Terdapat beberapa faktor yang menentukan. Mulai dari frekuensi penggunaanya hingga servis dan pemeliharaan AC.

Walaupun sudah diservis secara rutin, setiap AC pada akhirnya akan mengalami keausan. AC umumnya bisa bertahan hingga 10-15 tahun, tapi seiring penggunaan AC bisa mengalami kerusakan sebelum waktunya sehingga perlu diganti.

Baca juga: Kapan Harus Mengganti AC? Kenali 4 Tanda Ini

Dilansir dari American Home Shield, Selasa (28/12/2021), setidaknya terdapat empat tanda AC sudah harus diganti.

1. Usia AC

Meski bisa bertahan hingga 10-15 tahun, usia AC juga sangat bergantung dengan pemakaiannya.

Semakin tua unit AC, semakin besar mengalami masalah kinerja dan membutuhkan perbaikan. Jika memiliki unit AC yang lebih tua, Anda juga harus memeriksa nomor rasio efisiensi energi musiman (SEER).

Angka ini menunjukkan jumlah energi yang dikonsumsi versus jumlah udara dingin yang dikeluarkan AC.

Angka SEER minimum adalah 13, tetapi beberapa unit AC lama yang diproduksi sebelum 2006 mungkin memiliki nomor SEER serendah 10.

Ini dapat berarti bahwa efisiensi keseluruhan yang lebih rendah. Unit AC yang lebih tua juga cenderung menggunakan gas pendingin R-22.

Penggunaan gas ini telah dilarang oleh Badan Perlindungan Lingkungan dan sedang dihapus. Meski unit AC masih dapat diservis dengan R-22, sumbernya menjadi semakin sulit dan akan lebih mahal.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Tagihan Listrik Saat Menggunakan AC di Rumah

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.